Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

AI atau yang lebih dikenal sebagai kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan sebuah inovasi yang dapat mempengaruhi landskap fundamental yang penerapannya sangat berkaitan dengan dunia marketing. AI Marketing sendiri adalah salah satu strategi pemasaran yang melibatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memproses data yang relevan untuk kepentingan pemasaran.

Fakta Tentang Perkembangan AI Di Indonesia

Adaptasi penggunaan teknologi AI masih berkembang di Indonesia, dimana Indonesia menjadi negara terbesar ketiga yang memanfaatkan adopsi teknologi AI. Diprediksi penggunaan adopsi AI di Indonesia akan semakin meningkat,khususnya untuk praktek kegiatan pemasaran;

Source: https://databoks.katadata.co.id 

Jumlah kunjungan terbesar berasal dari Amerika Serikat dengan 5,5 miliar kunjungan, diikuti oleh India dengan 2,1 miliar kunjungan. Indonesia, Filipina, dan Brasil masing-masing memiliki kunjungan sebesar 1,4 miliar, 1,3 miliar, dan 1,3 miliar. Negara lainnya seperti Inggris, Jepang, Jerman, Meksiko, dan Kanada memiliki kunjungan di bawah 1 miliar.

Baca Juga: AI Tools Untuk Membantu Kegiatan Marketing Bisnis

Adopsi Teknologi AI Marketing Di Indonesia

Saat ini adopsi penggunaan teknologi AI mayoritas dimanfaatkan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran atau penjualan suatu produk atau brand, namun selain itu pemanfaatan teknologi AI juga dapat diperuntukan untuk beberapa kegiatan seperti pengembangan produk, layanan operasional, dan juga untuk kebutuhan bisnis lainnya di tengah merebaknya era digitalisasi di Indonesia;

Source: https://databoks.katadata.co.id/ 

Penggunaan AI generatif paling banyak dalam pemasaran dan penjualan (14%), diikuti oleh pengembangan produk (13%) dan layanan operasional (10%). Manajemen risiko dan strategi/keuangan masing-masing mencatat 4% penggunaan, sementara manajemen SDM dan manajemen rantai pasok masing-masing mencatat 3%. Penggunaan AI generatif di manufaktur adalah yang terendah dengan 2%

Siap untuk melakukan penetrasi pemasaran di Indonesia?

Kami dari MAI akan dengan sepenuh hati membantu anda menjalankan strategi marketing yang efektif dan efisien.

Let’s Talk!

Pengaruh AI Marketing Pada Awareness Sebuah Brand

Mayoritas brand-brand sudah melakukan implementasi AI Marketing dengan tujuan untuk memiliki kampanye yang berbeda sekaligus membangun awareness dengan sensasi yang berbeda di mata audiens. Namun AI Marketing sebenarnya sudah mulai diadopsi di saat masa periode Pemilu 2024, dimana ketika salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki strategi kampanye dengan pendekatan yang berbeda dalam menyampaikan visi dan misi mereka, yang salah satu nya adalah dengan mengimplementasikan strategi AI Marketing. 

Formula ini akhirnya mulai diimplementasikan oleh beberapa brand dalam membangun atensi di mata audiens dengan tujuan untuk memperkuat interaksi antara brand dan target audiens. 

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Melakukan Elaborasi Strategi Marketing Komunikasi Dengan AI Marketing

Dalam meramu strategi marketing komunikasi melalui implementasi AI Marketing, tentunya akan ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan. Strategi apa yang cocok dalam meramu strategi marketing komunikasi? Platform apa yang tepat dalam menggaungkan kampanye tersebut? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti:

  1. Assessment Goals & Objectives – Perjalanan dimulai dengan penilaian komprehensif terhadap tujuan dan sasaran bisnis. Penting untuk menyelaraskan inisiatif yang didorong oleh AI dengan misi perusahaan yang lebih luas untuk memastikan bahwa upaya tersebut terfokus.
  2. Analisa Data & Riset – Melakukan analisis atau tinjauan riset untuk mengetahui arah kampanye seperti apa yang tepat dalam menyasar target audiens.
  3. Memilih Channel Yang Tepat– Memetakan saluran yang tepat dalam membangun komunikasi dengan audiens terlebih untuk mengimplementasikan AI sebagai sentuhan juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhitungkan.
  4. Menentukan Persona Target Audiens– Penentuan segmentasi target audiens dan juga persona dari target audiens menjadi sangat krusial untuk mengenal sasaran dari kampanye terlebih hal ini juga dapat menentukan gaya atau arah komunikasi seperti apa yang tepat dan juga mempertimbangkan cara pendekatan AI yang seperti apa yang cocok.
  5. Membagikan Konten Yang Personal– Konten pendekatan yang personal juga menjadi hal yang paling penting dalam membangun strategi komunikasi dengan pendekatan AI, sehingga komunikasi yang ingin disampaikan dapat diterima oleh audiens.
  6. Melakukan Integrasi Dengan Strategi Marketing– Integrasi menjadi hal yang paling penting supaya komunikasi yang sudah dibangun memiliki kesinambungan, walaupun strategi tersebut mengadopsi pendekatan AI Marketing.
  7. Melakukan Evaluasi Kampanye– Evaluasi tetap perlu dilakukan untuk menentukan progres ataupun juga hasil dari kampanye tersebut untuk kedepannya dijadikan pembelajaran untuk kampanye AI berikutnya.

Siap untuk melakukan penetrasi pemasaran di Indonesia? Kami dari MAI akan dengan sepenuh hati membantu anda menjalankan strategi marketing yang efektif dan efisien. Hubungi kami untuk diskusi lebih dalam!

Brilianarya Mushasi
Latest posts by Brilianarya Mushasi (see all)
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities