Luasnya dunia digital marketing membuat banyak cara untuk memasarkan produk atau brand kamu pada target pasar yang ingin kamu capai. Pernah terpikir bagaimana sebuah brand dapat memasarkan produknya secara digital tetapi tidak memiliki social media? Jawabannya adalah lewat website!
Nah salah satu upaya agar website kita mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google secara organik itu disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization. Apalagi di zaman sekarang audience lebih pintar dalam setiap pengambilan keputusan, mereka akan memilih untuk mencari di Google dulu terkait barang yang mereka butuhkan. Di sinilah peran SEO dibutuhkan, agar audience cepat menemukan website kita.
Sesuai dengan pengertiannya, tentu saja fungsi utama SEO adalah membuat website berada di posisi atau ranking teratas dalam situs pencarian terutama Google demi mendapatkan lebih banyak traffic. Sekitar 90% orang hanya berhenti di halaman pertama Google saja, tidak banyak yang ingin membuka halaman kedua bahkan ketiga dan seterusnya. Hal ini membuat SEO membantu kamu menjangkau lebih banyak audience baru.
Dari banyaknya traffic itulah, SEO juga mampu meningkatkan awareness terhadap brand atau produk yang kamu miliki. Tentu audience akan lebih mengingat nama-nama yang muncul pertama daripada yang kedua atau ketiga. Tak hanya itu, SEO juga mampu meningkatkan kualitas website. Frekuensi sering munculnya website di halaman Google membuat website kamu terpercaya atau bukan spam, sehingga audience juga lebih yakin untuk melakukan transaksi pada produkmu.
Karena SEO berfokus pada website, maka sebisa mungkin website brand-mu dipenuhi dengan konten-konten berkualitas yang memiliki keywords relevan. Apakah menulis banyak artikel dapat meningkatkan SEO? Bisa, tapi tidak selamanya karena Google dapat mendeteksi sebagai spam, jadi kualitas artikel juga penting.
Proses mesin pencari atau Google mencari halaman-halaman baru dari berbagai website di seluruh dunia. Bisa jadi website yang baru rilis atau mungkin halaman artikel yang baru di-update. Tak hanya mencari, Google pasti akan mengumpulkan informasinya.
Proses menyimpan informasi semua halaman yang telah di-crawling tadi dalam Google Index. Di sini Google akan mempelajari lebih lanjut struktur, kualitas, kredibilitas, dan relevansi konten halaman website kamu dalam database-nya.
Proses menyusun daftar halaman website terbaik sesuai ranking tertinggi di hasil pencarian Google dengan algoritma dan index yang telah mereka miliki dari dua proses sebelumnya. Algoritma Google sendiri juga selalu update setiap saat menyesuaikan perkembangan zaman agar selalu relevan. Tentunya yang ditampilkan di halaman pertama akan berdasarkan konten dan keyword yang sesuai digunakan oleh audience.
Dari 3 cara kerja Google ini, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dalam penggunaan SEO:
Sebenarnya masih banyak lagi pertimbangannya karena SEO memanglah sebuah investasi panjang yang hasilnya tidak instan terlihat dalam sehari. Maka akan lebih mudah untukmu menjalankan SEO dengan bantuan profesional seperti MicroAd Indonesia yang sudah berpengalaman dalam digital marketing. Ayo konsultasikan kebutuhanmu pada kami!
Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities