Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

Apa itu Revamp? Jika mendengar kata “Revamp” di hari ini, mungkin yang terngiang adalah istilah dalam game Mobile Legends yang cukup sering diucapkan oleh player maupun game developernya. Jauh sebelum game MOBA satu ini hadir, isitilah ini lebih sering muncul di dalam dunia bisnis terutama pada pengembangan strategi digital marketing yakni website.

Kamu pasti telah memahami bagaimana fungsi website dalam bisnis dan bagaimana cara membuatnya hingga menjadi website yang menarik. Hanya saja dalam perkembangannya, website yang selama berjalan dapat dinilai kurang efektif dan menarik sehingga membutuhkan sebuah revamp. Apa itu revamp? Apa kegunaannya untuk website bisnis kamu? Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan revamp? Simak penjelasan lebih dalam berikut ini.

Apa itu Revamp?

Pada dasarnya arti dalam bahasa Inggris sendiri, Revamp adalah mengubah yang mana ini merujuk pada menjadi sesuatu yang lebih baik. Dalam game mobile legends sendiri istilah revamp digunakan untuk mengubah karakter hero yang dianggap sudah lama dan kurang berguna menjadi lebih berguna dan menarik agar dapat digunakan oleh para playernya.

Sementara pada website, revamp adalah sebuah perubahan pada website dengan tujuan meningkatkan konversi serta ranking SEO. Biasanya perubahan yang dilakukan dapat berupa desain UI (User Interface) dan UX (User Experience), penyesuaian informasi, update konten baru, dan lain sebagainya yang dapat menunjang perkembangan bisnis. Jadi apa itu revamp website? Pastinya tidak hanya sebatas mengubah tampilan, melainkan banyak hal yang dapat mengembangkan efisiensi website demi meningkatkan kepuasan pelanggan.

Waktu yang Tepat Untuk Revamp Website

Setelah mengetahui apa itu revamp, pertanyaan selanjutnya pastilah kapan waktu yang tepat untuk melakukan revamp website? Memang umumnya perubahan berkala dibutuhkan terutama pada bagian tampilan agar pengunjung tidak merasa bosan, tetapi ada 5 hal yang bisa menjadi sebuah tanda atau indikator untuk segera melakukan revamp, diantaranya;

1. Website tidak user friendly

Memang benar “content is a king” sehingga biasanya kamu akan lebih fokus membuat konten yang menarik di website. Hanya saja kamu juga perlu memastikan user atau pengunjung memiliki pengalaman yang nyaman atau menyenangkan saat mengakses website kamu. Salah satunya adalah waktu loading yang cepat, tata letak pencarian konten yang mudah, tidak banyak iklan yang bermunculan atau pop up dan lain sebagainya.

Menurut banyak studi, user atau pengunjung tidak ingin mengunjungi website kembali ketika mereka sudah merasakan pengalaman yang buruk di saat mengakses situs website tersebut. Jadi bukan hanya tentang isi konten yang membosankan, melainkan juga tentang pengalaman yang dirasakan user saat mengakses website. Jika kamu menemukan kondisi ini pada website-mu, ini tandanya untuk melakukan revamp!

2. Versi Mobile Tidak Responsif

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini banyak orang yang mengakses website lewat perangkat mobile. Bahkan rasanya lebih banyak orang yang mengakses website dengan smartphone mereka dibandingkan lewat desktop karena informasi yang didapatkan bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Dengan fakta ini, membuat website mobile friendly menjadi sebuah keharusan. Sehingga saat kamu akan melakukan revamp pada website agar versi mobile dapat responsif, hal yang perlu kamu pastikan di antaranya; memastikan tampilan website tidak berantakan saat diakses, tata letak konten yang nyaman dengan tampilan mobile, loading ringan untuk ukuran mobile, dan lain sebagainya.

3. SEO yang Buruk

Dalam meningkatkan pertumbuhan website, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu elemen terpenting. SEO dibutuhkan agar website mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google secara organik. Jadi semakin efisien optimasi SEO nya, semakin banyak pengunjung yang datang ke website kamu karena website mudah ditemukan. 

Tentunya ketika optimasi SEO buruk, maka hal pertama yang terjadi adalah menurunnya jumlah pengunjung pada website. Jika hal ini ditemukan terjadi pada website kamu, maka itulah saatnya kamu melakukan revamp website. Kamu bisa memperhatikan keywords yang digunakan kembali, peningkatan backlink, dan lain sebagainya.

4. Tingkat Konversi Tidak Sesuai Harapan

Setiap pembuatan website memiliki tujuannya masing-masing. Umumnya pembuatan website untuk bisnis bertujuan untuk menarik leads dan meningkatkan penjualan, maka jika website yang kamu kelola tidak mencapai tujuannya, perlu ditinjau kembali apakah website sudah sesuai dengan strategi bisnis yang kamu lakukan.

Tidak jarang perubahan strategi bisnis tidak sejalan dengan perubahan website. Jika website kamu memiliki indikasi ini, maka sudah saatnya melakukan revamp website! Hal yang bisa kamu lakukan bisa dari pembenahan konten yang sesuai dengan strategi bisnis atau memperbaiki UX dan lain sebagainya.

5. Perubahan Target Audience

Cukup serupa dengan poin nomor 4 di atas, indikasi yang satu ini berkaitan dengan strategi bisnis. Jika bisnismu mengalami perubahan target audience maka sudah saatnya melakukan revamp website terutama pada konten yang disajikan.

Website dengan konten dewasa tidak cocok untuk dikonsumsi oleh target audience remaja, sehingga kamu harus melakukan revamp website agar tetap relevan. Tidak hanya mengenai konten, revamp yang bisa kamu lakukan juga bisa terkait branding website yang kamu tampilkan.

Yuk revamp website kamu sekarang!

Kesimpulannya, revamp adalah perubahan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi situs website agar dapat menyesuaikan strategi bisnis yang kamu jalankan. Setelah mengetahui apa itu revamp dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan revamp, kamu dapat menjaga performa website kamu dengan lebih baik lagi.
Bila ada yang masih perlu ditanyakan, kamu bisa loh menanyakan dan konsultasikan perihal website kamu pada MicroAd Indonesia. Tidak hanya berpengalaman dalam pengembangan website, MicroAd Indonesia juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Jadi tidak hanya website yang menarik tetapi isi konten website kamu bisa ditinjau lebih dalam. Yuk jangan ragu konsultasikan kebutuhanmu pada kami!

MAI
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities