Dengan mengetahui apa itu website beserta fungsi dan istilahnya, kamu dapat mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk membantu tujuan personal maupun perusahaan.
Hari ini tidak ada orang yang tidak mengakses internet. Bahkan akses internet saat ini tidak hanya dapat diakses di personal computer (PC) saja, tetapi juga bisa diakses di semua perangkat seperti laptop, smartphone hingga tablet. Tentu keberadaan akses internet ini tidak jauh dari eksistensi website dengan berbagai fitur, seperti website di bidang social media, media informasi, sampai e-commerce. Website sendiri telah menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan terutama dalam berinternet.
Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas apa itu website. Mulai dari pengertian, fungsi, istilah-istilah website hingga seperti apa kriteria website yang baik agar kamu lebih memahami bagaimana kinerja website yang selama ini diakses dengan internet
Website adalah sekumpulan halaman web dalam suatu domain yang berisi berbagai informasi yang saling terhubung satu sama lain dan dapat diakses seluruh dunia, selama terkoneksi ke jaringan internet. Informasi yang dapat dimuat dalam website berisi mengenai konten, gambar, ilustrasi, video, dan teks sesuai untuk berbagai macam kepentingan.
Baca Juga: Istilah-Istilah Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui
Seperti pengertiannya, maka fungsi utama website itu sendiri adalah untuk menyampaikan informasi yang mana informasi dapat berbentuk teks, konten, gambar, ilustrasi, atau pun video. Saat ini website telah berkembang tak hanya untuk menyampaikan informasi, melainkan menjadi sebuah sarana komunikasi. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, berikut fungsi website yang perlu kamu ketahui:
Di era digital ini, rasanya hampir tidak ada perusahaan yang tidak memiliki sebuah website bahkan website seringkali menjadi sebuah tolak ukur rasa percaya orang pada perusahaan. Maka dari itu fungsi website salah satunya membangun branding perusahaan, yang mana situs webs dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan bisnis ke khalayak luas.
Biasanya website untuk branding bisnis dapat menampilkan profil bisnis, visi misi, produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan menjadi sebuah media promosi atau memasarkan sebuah brand itu sendiri.
Tidak hanya untuk bisnis, website juga dapat digunakan untuk keperluan personal branding. Pasti kamu sudah familiar dengan sebuah artikel atau bacaan yang ditulis secara personal? Ya itulah yang dinamakan dengan blog. Orang yang membuat blog itu sendiri disebut dengan blogger.
Fungsi website sebagai blog ini biasanya menjadi tujuan personal branding entah itu mengumpulkan opini pribadi sampai menjadikan blog sebagai tempat portofolio menunjukkan karya yang telah dibuat. Jadi tidak hanya perusahaan besar yang dapat memiliki website, kamu juga dapat memiliki website pribadi dengan tujuan yang sama yakni branding. Dari website pribadi juga, kamu dapat mengembangkannya menjadi sebagai salah satu sumber penghasilan.
Fungsi website berikutnya adalah sebagai tempat untuk menjual produk atau jasa secara online. Tentu sebelum adanya e-commerce, yang mana bahkan e-commerce pun dibentuk dari website dasar, banyak sekali penjualan online pertama dilakukan melalui website karena dianggap lebih mudah, cepat, dan praktis.
Apalagi website memberikan kemudahan untuk mengumpulkan produk atau jasa yang ditawarkan secara online dalam bentuk katalog. Maka dari itu membuat website toko online dapat memberikan akses yang lebih luas untuk pelanggan membeli barang atau jasa yang kamu tawarkan kapan saja dan di mana saja.
Fungsi lain dari website salah satunya adalah untuk meningkatkan interaksi atau engagement pelanggan secara online, entah itu melalui media sosial atau website. Biasanya penggunaan website di sini dapat berupa blog, forum, atau bahkan live chat di mana pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan pengelola bisnis atau pelanggan lainnya. Tentu ini penting dapat mempererat hubungan pebisnis dan pelanggan.
Manfaat website selanjutnya tentu saja meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika interaksi pelanggan meningkat maka kepercayaan mereka juga ikut meningkat. Dengan informasi yang lengkap dan mudah diakses, citra yang dibangun melalui website, dan ditambah interaksi yang baik membuat rasa percaya pelanggan pada sebuah brand menjadi tambah erat.
Tentunya dalam jangka panjang, hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi sebuah bisnis di mana loyalitas pelanggan dapat menjadi sebuah investasi untuk peningkatan omzet bisnis.
Fungsi website tidak hanya dalam ranah serius seperti yang disebutkan di atas, tetapi juga terdapat fungsi hiburan. Apalagi di hari ini sudah banyak website yang telah menjadi platform hiburan seperti website game online, film, musik, dan lain sebagainya yang pastinya dapat menghibur para pengguna internet.
Setelah mengetahui beberapa fungsi website, ada baiknya mempelajari jenis-jenis website yang selama ini beredar di internet. Jenis-jenis website sendiri dibagi dengan dua kategori, yakni berdasarkan konten pengembangannya dan tujuan.
Seperti namanya, maka website statis adalah website yang tampilannya tetap dan tidak banyak mengalami perubahan. Kalaupun ada perubahan pun hanya terletak pada desain tampilan halaman web saja, sementara konten yang ditampilkan tidak memiliki perubahan biasanya. Contoh website statis berupa website profil perusahaan atau organisasi.
Berbanding terbalik dengan website statis, maka website dinamis merupakan website yang mengalami perubahan secara terus menerus mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman. Website dinamis lebih memiliki tampilan yang lebih interaktif jika dibandingkan website statis. Biasanya website dinamis terdapat fitur kolom komentar dan chat. Contoh dari website ini adalah blog, situs berita online, e-commerce, dan lain sebagainya.
Sesuai namanya, website interaktif memang merupakan website yang dirancang untuk berinteraksi antar penggunanya. Biasanya website interaktif tergolong dalam platform social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan platform lainnya.
Dari namanya, pengertian website pribadi tentu saja merupakan website yang dibuat oleh individu atau personal sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, berbagi pemikiran atau pengalaman, mengabadikan momen-momen, dan bahkan memamerkan karya secara online.
Biasanya konten pada website pribadi bersifat subjektif atau berkaitan dengan kehidupan pribadi si pembuatnya. Contoh website pribadi tentu saja blog. Kamu bisa melihat blog para traveler yang mengabadikan cerita perjalanan mereka ke suatu tempat atau bahkan blog review produk yang biasa dilakukan beauty blogger.
Meski sudah banyak e-commerce dalam bentuk aplikasi, tidak dapat dipungkiri keberadaan website e-commerce masih eksis sampai hari ini yang berfungsi sama yakni sebagai toko online alias tempat pelanggan dapat melakukan transaksi secara online. Bahkan e-commerce aplikasi pun tidak dapat mengelak untuk memiliki website e-commerce nya sendiri.
Biasanya fitur-fitur yang disediakan website e-commerce dapat berupa keranjang belanja, pembayaran online, dan pengiriman barang. Salah satu contoh website toko online adalah sayurbox yang menjual berbagai sayuran atau The Executive yang menjual berbagai produk fashion.
Jenis website berikutnya adalah website company profile yang memang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan atau bisnis. Website company profile biasanya berisi informasi tentang perusahaan seperti sejarah, visi misi, produk atau jasa yang ditawarkan.
Mengapa website company profile penting? Seperti yang telah disebutkan pada fungsi website yakni membangun branding, maka kehadiran website company profile hadir untuk memenuhi fungsi tersebut sekaligus juga membangun rasa percaya konsumen. Terlebih lagi keberadaan website resmi, membuat pelanggan lebih mempercayai sebuah brand atau perusahaan.
Jenis website lainnya adalah website untuk organisasi atau pemerintahan yang tentu saja dibuat dan dikelola oleh organisasi atau lembaga pemerintahan.
Sesuai namanya, tujuan website organisasi atau pemerintahan adalah menyediakan informasi kepada masyarakat terkait lembaga tersebut. Tak hanya itu, jenis website ini juga dapat memberikan akses layanan pada masyarakat seperti pengaduan atau permohonan.
Jenis website selanjutnya adalah website berita yang menyajikan informasi terkini dan aktual tentang berbagai bidang seperti sosial, olahraga, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Website berita sendiri biasanya dibuat dan dikelola oleh media massa yang menyediakan berbagai konten seperti artikel, foto, dan bahkan video untuk dipublikasikan ke khalayak. Salah satu contoh website berita adalah The New York Times atau Detikcom yang mempublikasikan berita secara real time.
Untuk memahami website, rasanya tidak lengkap jika tidak mempelajari istilah-istilah dalam website yang biasa digunakan atau ditemukan di internet. Maka berikut ini istilah-istilah website yang perlu kamu ketahui!
Domain adalah komponen pertama yang penting pada fisik website. Singkatnya domain adalah nama website itu sendiri. Maka penting domain dibuat tidak terlalu panjang dan mudah diingat karena domain sendiri merupakan identitas pertama yang dapat dilihat dari sebuah website.
Banyak yang salah mengira bahwa URL dan nama domain adalah hal yang sama, padahal sebenarnya keduanya memiliki arti yang berbeda. Jika domain merupakan nama website, maka URL merupakan tautan atau link lengkap dari sebuah website.
Web Hosting adalah sebuah ruang file yang memungkinkan kamu menyimpan file website dan mempublikasikannya di internet. Singkatnya ini seperti sebuah google drive atau cloud untuk file-file kamu. Hosting sendiri dapat dibeli secara online dari penyedia hosting dan mereka akan “menghosting” website kamu di server mereka. Paket hosting yang dibeli pun bisa dibeli dalam interval bulanan atau tahunan.
Istilah website berikutnya adalah ISP (Internet Service Provider) yang singkatnya merupakan penyedia layanan internet kamu. Di Indonesia sendiri penyedia layanan internet cukup banyak, seperti telkomsel, indosat, dan lain sebagainya.
Istilah website lainnya adalah search engine atau mesin pencari. Search engine merupakan program database besar yang dapat mencari dokumen dan menampilkan informasi dengan kata kunci atau keyword tertentu. Salah contoh search engine yang paling banyak digunakan di dunia adalah Google yang tentunya juga kamu lebih akrab dengannya.
SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah sebuah upaya pengoptimalan agar website kita mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google secara organik.
Kebalikan dari SEO, SEM atau kepanjangan dari Search Engine Marketing merupakan suatu upaya agar website-mu mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google dengan memanfaatkan iklan berbayar.
Istilah website berikutnya adalah CMS. Kepanjangan dari Content Management Systems, CMS merupakan program yang terintegrasi ke dalam website yang memungkinkan kamu memperbarui konten tanpa memerlukan alat pengembangan website lainnya bahkan dapat diperbarui di lokasi mana pun tanpa koneksi internet. Beberapa program CMS yang paling banyak digunakan untuk situs web adalah WordPress, Joomla, Blogger, dan Drupal.
Itu tadi 8 istilah-istilah website yang perlu kamu ketahui, sebenarnya masih banyak lagi tetapi ada hal penting yang perlu kamu ketahui mengenai website yakni apa saja kriteria website yang baik?
Baca Juga: SEO vs SEM: Apa Perbedaannya?
Sebagai pengguna internet, tentunya kamu telah banyak mengunjungi website dengan berbagai bentuk dan jenis. Hanya sebagai orang yang ingin mulai membangun website sendiri baik untuk keperluan personal maupun bisnis, kamu perlu mengetahui apa saja hal yang membuat website dikatakan baik? Nah, berikut kriteria website yang baik!
Kriteria website yang baik pertama haruslah responsive. Website responsive merupakan website yang dapat merespon tampilan website saat diakses di berbagai device. Kamu pasti pernah kan mengakses website yang hanya dapat dibuka di desktop, tapi saat dibuka di mobile malah tidak dapat dibuka atau tampilan hanya setengah? Nah melihat device para pengguna hari ini beragam, maka penting memiliki website yang responsive agar pengguna nyaman mengakses website milikmu.
Desain yang simpel atau sederhana bukan berarti plain atau terlihat polos loh. Desain website yang simpel dan mudah itu memberikan kesan sekali lihat langsung dipahami. Pastinya website kamu memiliki banyak informasi atau fitur, maka alangkah lebih baiknya desain website kamu tidak rumit sehingga pengguna tidak malas mengunjungi. Selayaknya rumah, desain simpel dan mudah memberikan kesan rapi atau tertata.
Untuk menghasilkan website yang simpel dan mudah digunakan kamu harus memperhatikan penggunaan komposisi warna, tata letak layout, serta teks yang mudah dibaca oleh pengunjung. Kenyamanan pengunjung website mu menjadi hal yang perlu kamu perhatikan!
Apa yang kamu lakukan saat mengakses website dan mengalami “loading lama” padahal kecepatan internetmu terbilang stabil? Maka pastinya kamu akan langsung menutup website tersebut dan bahkan enggan untuk kembali lagi. Untuk itu speed website yang cepat saat diakses merupakan hal yang perlu kamu perhatikan dalam kriteria website yang baik. Kamu dapat mulai memperhatikan size setiap items yang kamu masukkan ke dalam website mu dan beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi speed website.
Content is King! Salah satu kriteria website yang baik tentunya adalah memiliki konten yang baik juga. Ingat, tidak semua informasi bisnis atau perusahaan perlu diletakkan di website. Kamu harus memilah informasi yang cukup relevan dan menarik untuk pengunjung website. Konten juga merupakan pengaruh besar pada SEO dan rating website pada mesin pencari loh, jadi jangan lupa untuk memastikan konten website kamu cukup menarik dan relevan.
Nah itu tadi 4 kriteria website yang baik untuk kamu perhatikan saat membangun website sendiri. Memang perlu disadari, tidak semua orang dapat membuat website sendiri terlebih lagi jika ini dibuat untuk keperluan bisnis atau perusahaan.
Maka kamu butuh bantuan para penyedia jasa pembuatan website. Salah satu jasa pembuatan website yang dapat membantu kamu adalah MicroAd Indonesia. Tidak hanya berpengalaman dalam pembuatan website, MicroAd Indonesia juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Jadi ayo konsultasikan kebutuhanmu pada kami!
Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities