Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

Social media sudah menjadi bagian terpenting dari bisnis terutama pada digital marketing. Bahkan tidak jarang, kredibilitas sebuah perusahaan dilihat dari keberadaan akun social media-nya. Dari keperluan tersebutlah, pengelolaan social media atau social media management menjadi sangat penting.

Meski sudah mengerti pentingnya pengelolaan atau social media management, masih sedikit yang memahami bagaimana cara atau langkah social media management berjalan. Nah biar kamu ada gambaran seperti apa social media management itu, yuk simak empat langkah social media management yang harus kamu ketahui!

1. Konsultasi & Brief

Baik memiliki divisi social media sendiri maupun menggunakan jasa social media management, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengkonsultasikan apa yang kamu butuhkan di social media. Kamu bisa menceritakan tentang value perusahaan, objective pemasaran, produk yang ditawarkan, sampai target audience yang kamu inginkan. Hasil konsultasi atau diskusi ini akan membuahkan sebuah brief yang jelas dan selaras dengan hal yang kamu mau.

2. Planning & Strategy

Langkah social media management berikutnya adalah menyusun strategi! Sebelum menyusun strategi, tentu dibutuhkan riset terlebih dahulu untuk menentukan strategi mana yang cocok dijalankan di social media kamu dan pastinya sesuai dengan kebiasaan audiens yang kamu targetkan. Pada tahap ini biasanya dikerjakan oleh seorang social media strategist yang bekerja sama dengan seorang data analyst sehingga strategi yang disusun semua berdasarkan data dan fakta lapangan.

3. Execution

Langkah social media management selanjutnya sudah pasti eksekusi! Setelah melihat strategi apa yang akan dijalankan, kamu jadi memahami jenis konten seperti apa dan posting berapa kali yang paling efektif untuk mencapai tujuan marketingmu! Jadi kamu tidak sembarangan membuat dan memposting konten di social mediamu. 

Tak hanya soal membuat dan memposting konten oleh seorang content writer, pada tahap ini juga dilakukan monitoring yang biasanya dilakukan oleh social media admin dan pengoptimasian konten melalui iklan oleh seorang performance ads. Jadi pada tahap eksekusi ini memang banyak yang dilakukan agar akun social media terus aktif berjalan. 

4. Evaluation & Recommendation

Langkah terakhir social media management adalah evaluasi! Tentu kamu tidak ingin akun social mediamu hanya sekadar aktif memposting konten, bukan? Setiap bulannya dibutuhkan sebuah pembelajaran dan evaluasi agar akun social mediamu selalu memiliki konten yang lebih baik. Pada tahap ini, evaluasi performance social media akan melihat apakah strategi yang selama ini dijalankan sudah baik atau menentukan kembali strategi apa yang perlu dijalankan selanjutnya.

Di tahap ini juga akan lebih banyak rekomendasi-rekomendasi terbaik yang muncul beserta report dari pengamatan akun social media kompetitor kamu. Biasanya yang terlibat dalam pekerjaan ini adalah data analyst dan social media admin. Bisa juga hal ini dikerjakan oleh seorang social media specialist. 

Nah dari empat langkah social media management, mana yang menurutmu perlu dibenahi pada akun social media bisnismu? Jika kamu masih bingung, kamu bisa loh konsultasi ke MicroAd Indonesia! Kami siap membantu mencapai tujuanmu dengan memberikan layanan jasa digital marketing terbaik! Kami tunggu kabar darimu yah!

MAI
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities