Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

Like, comment, share, engagement dan segala istilah dalam social media pasti sudah sangat familiar di setiap telinga orang yang menggunakan social media. Bahkan tidak sedikit yang memperhatikan metrik ini untuk kesenangan atau kepuasan pribadi. Misalnya like yang banyak pada suatu postingan bikin kamu makin happy dan lain sebagainya.

Bagi sebuah perusahaan atau bisnis, metrik ini bukan hanya sekadar angka kepuasan seperti banyak-banyakan interaksi atau engagement, melainkan metrik ini dapat menjadi sebuah data penting untuk perusahaan. Bagaimana caranya hal ini menjadi data yang penting? Salah satunya caranya adalah mengubah metrik ini menjadi informasi melalui social media analytics.

Seperti namanya, social media analytics adalah sebuah kegiatan menganalisa social media melalui metrik-metrik yang ditampilkan. Dari angka like dan comment saja dapat mendefinisikan bagaimana perilaku audiens social media mu. Lalu, kenapa sih social media analytics itu penting? Berikut alasannya!

Kenapa social media analytics itu penting?

1. Mengenal audiens

Melalui social media analytics, kamu bisa mengetahui kapan saja audiensmu aktif di social media dan kapan mereka sibuk sampai tidak melihat konten yang kamu posting. Tak hanya soal waktu posting, kamu juga bisa melihat demografi audiensmu seperti usia, gender, dan lokasi mereka tingga. Semakin kamu mengenali seperti audiensmu, semakin kamu mengetahui komunikasi seperti apa yang cocok digunakan pada social mediamu sehingga dapat melancarkan strategi konversi yang lebih efektif.

2. Membuat Konten Lebih Baik

Metrik-metrik seperti likes, comments, share sudah pasti menjadi data social media analytics untuk memahami mana konten yang paling baik. Tak hanya melihat satu konten, kamu bisa membandingkan keseluruhan konten social media yang kamu buat untuk menganalisa tipe konten seperti apa lagi yang akan kamu buat ke depannya sehingga konten-konten yang dihasilkan pun semakin lebih baik dibandingkan sebelumnya.

3. Menemukan Trend

Salah satu hal paling penting dalam social media analytics adalah menunjukkan trend-trend apa yang sedang ramai di suatu industri. Trend ini tidak hanya mencakup trend konten yang sedang ramai dibicarakan, tetapi bisa juga trend perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk. Misal selama pandemi lebih banyak konsumen yang berbelanja online dibandingkan pergi ke toko. Trend ini bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk bisnismu dalam menjalankan strategi konversi.

4. Memahami Kompetitor

Social media analytics tidak hanya membantu kamu memahami seperti apa audiens dan konten-konten social media yang ingin kamu kembangkan, tetapi juga dapat membantu kamu memahami seperti apa social media kompetitormu. Kamu bisa mereview dan menganalisa setiap postingan dan bahkan komunikasi seperti apa yang diterapkan kompetitormu di social medianya. Tentu ini berlaku sebaliknya yah. Hal ini cukup menguntungkan untuk bisnis karena kamu dapat membuat atau mengubah strategi marketing di akun social mediamu.

5. Memaksimalkan Penjualan Produk

Social media umumnya tak hanya dipakai untuk memperlihatkan branding atau pun mengenalkan produk, tetapi juga dapat membuat survey produk mana dari bisnismu yang paling disukai dan kurang disukai. Tanpa membuat survey pun, melalui social media analytics kamu bisa menganalisa pembicaraan di social media bagaimana netizen membicarakan produkmu. Hal ini secara tidak langsung menjadi sebuah feedback yang dapat memperbaiki produk yang kurang disukai dengan lebih baik lagi dan pastinya memaksimalkan penjualan.

Bagaimana keuntungan social media analytics untuk bisnis?

Setelah melihat pentingnya social media analytics, tentu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana hal ini menjadi sebuah keuntungan untuk bisnismu? Hal paling mudah adalah kamu bisa membuat improvement terhadap produk yang kamu jual. Lalu kamu juga bisa membuat konsumen yang telah menyukai produkmu menjadi makin loyal. Tidak jarang brand memberikan hadiah atau mengirimi produk mereka secara cuma-cuma hanya karena melihat nama audiens yang senang membuat review baik terhadap produknya. Selain itu, kamu juga bisa mengalahkan kompetitor atau pesaing bisnismu. Tidak sedikit brand kecil yang mampu melawan brand besar hanya karena strategi social media mereka berhasil.

Nah setelah mengetahui betapa pentingnya social media analytics, pastinya kamu ingin segera mengecek data-data social mediamu bukan? Hanya saja social media analytics ini bisa lebih lengkap datanya jika menggunakan tools khusus. MicroAd Indonesia tidak hanya dapat membantu kamu menggunakan tools social media analytics, melainkan dapat memberikanmu report social media yang dapat membantu bisnismu mencapai target. Jadi tunggu apa lagi? Yuk hubungi kami!

MAI
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities