Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

Apa itu website user friendly? – Sebagai salah satu elemen atau platform penting dalam menunjang strategi marketing bisnis, rasanya hampir tidak ada perusahaan yang tidak memiliki website. Maka tak heran hari ini banyak dan mudah menemukan berbagai jenis model website dengan desain yang menarik untuk perusahaan.

Sayangnya website menarik tersebut tidak ditunjang penggunaannya yang user friendly. Padahal salah satu kriteria website yang baik adalah website yang user friendly. Jadi apa itu website user friendly? Apa saja kriteria website user friendly? Apakah sekadar mudah diakses saja bisa dikatakan sebagai website user friendly? Simak penjelasan detailnya di bawah ini!

Apa itu user friendly?

Sebelum membahas seperti apa website user friendly, ada baiknya mengetahui pengertian dasar dari istilah user friendly itu sendiri. User friendly jika diterjemahkan dari bahasa Inggris memiliki arti “ramah pengguna” yang mana merujuk pada sesuatu yang mudah digunakan, dipelajari, dipahami, dan diakses atau semua pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah.

Istilah user friendly sendiri muncul dari seiring perkembangan zaman yang serba canggih ini sering kali ditemukan gadget atau hal yang sulit dioperasikan saking canggih, mutakhir, atau modern-nya. Tentunya secanggih apa pun perangkat atau sesuatu itu menjadi sia-sia jika penggunanya tidak dapat mengoperasikannya, sehingga perangkat yang baik dituntut harus dapat user friendly. Berlaku juga pada website yang baik.

Maka dari itu website user friendly adalah website yang memudahkan pengunjungnya dalam mengakses hal atau sesuatu yang ada di dalamnya. Tombol atau fitur di dalam website tidak menyulitkan pengguna sehingga mereka tetap nyaman mengeksplorasi isi website.

Baca Juga: Apa itu Revamp Website? Pengertian dan Kapan Waktu Untuk Melakukannya

Kenapa user friendly penting?

Setelah memahami pengertian dari user friendly itu sendiri, tentu kamu makin mengerti alasan website user friendly itu dibutuhkan. Alasan paling utama kenapa website user friendly itu penting adalah pengaruhnya terhadap jumlah pengunjung.

Pengunjung yang merasa nyaman mengakses website kamu berpeluang untuk kembali mengunjungi website dan bahkan merekomendasikannya ke pengguna lainnya. Hal ini dapat meningkatkan traffic website kamu dimana dapat mempengaruhi algoritma mesin pencari seperti Google sehingga website kamu semakin mudah ditemukan. Jadi tidak hanya SEO saja yang dapat meningkatkan traffic, tetapi juga pengalaman pengguna dalam mengakses website kamu juga berpengaruh.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk membuat website yang lebih user friendly, kami dari MicroAd siap membantu kamu. Silahkan hubungi kami!

10 Kriteria Website User Friendly

Setelah memahami pengertian dari user friendly itu sendiri, tentu kamu makin mengerti alasan website user friendly itu dibutuhkan. Alasan paling utama kenapa website user friendly itu penting adalah pengaruhnya terhadap jumlah pengunjung.

1. Mudah diakses 

Sesuai dengan pengertiannya, maka kriteria website user friendly yang pertama haruslah mudah diakses. Biasanya website yang mudah diakses menggunakan server dengan uptime yang tinggi sehingga membuat website selalu online alias tidak limit. Tak hanya itu, website yang mudah diakses juga biasanya memiliki nama domain yang sederhana atau mudah diingat.

2. Loading Cepat

Kriteria website user friendly berikutnya adalah loading cepat. Akses website yang mudah juga harus diimbangkan dengan loading website yang cepat karena ini mempengaruhi berapa lama mempertahankan pengguna bertahan pada website kamu. Hal-hal yang bisa kamu lakukan agar website kamu loading dengan cepat:

  • Menerapkan caching WordPress
  • Mengoptimasi gambar, jangan gunakan gambar dengan size yang berat
  • Meminimalisir penggunaan plugin
  • Penggunaan tema yang ringan
  • Membatasi atau mengukur jumlah konten yang ditampilkan di setiap halaman

3. Link yang mudah dikenali 

Link yang mudah dikenali merupakan salah satu kriteria website user friendly karena berguna tak hanya untuk sekadar diklik, melainkan juga untuk mengarahkan pengguna pada konten yang diinginkan. Link yang mudah dikenali umumnya;

  • Membuat anchor text dalam bentuk kata kunci
  • Menggunakan format underline atau garis bawah
  • Menggunakan warna berbeda atau cetak tebal (bold)

4. Kejelasan Struktur dan Navigasi

Kamu pasti tidak mau kan pengguna kebingungan saat mengakses website kamu? Maka dari itu kriteria website user friendly berikutnya adalah struktur dan navigasi website yang jelas sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari konten yang mereka mau. Tidak sedikit website dengan desain eksentrik melupakan hal ini karena hanya berfokus pada tampilan sehingga pengguna bingung harus mengklik ke mana untuk menemukan konten yang mereka cari. 

Ada pun beberapa faktor website user friendly dengan navigasi yang baik dan efektif:

  • Penggunaan kata kunci dalam menamai menu navigasi
  • Tidak menggunakan gambar untuk navigasi website
  • Memastikan tidak ada link yang rusak (broken links) pada halaman website

5. Skema warna yang baik

Bicara soal warna, bukan berarti website user friendly melulu warna putih yah, kamu tetap bisa berkreasi sesuka hati asalkan tetap memastikan warna yang digunakan dapat memperlihatkan konten dengan jelas sehingga pengunjung tak hanya nyaman mengakses website kamu, tetapi juga masih dapat fokus pada produk atau konten yang ingin ditampilkan.

6. Tampilan yang sama antar browser

Kamu pasti punya preferensi tersendiri terhadap browser yang kamu gunakan dalam mengakses dunia maya kan? Begitu juga dengan pengguna internet lainnya. Jangan sampai tampilan website kamu bisa berbeda saat diakses di browser berbeda seperti Chrome, Safari, Firefox, Opera, Edge, dan lain sebagainya. Website user friendly harus memastikan tampilan website-nya sama di browser yang berbeda agar pengalaman pengguna tetap sama.

7. Responsif / Mobile friendly

Kriteria website user friendly berikutnya tak hanya konsisten saat diakses di setiap browser yang berbeda, tetapi juga harus responsif pada perangkat apa pun, terutama mobile yang umumnya saat ini lebih banyak digunakan. Jadi pastikan website kamu dapat diakses tidak hanya lewat laptop, tetapi juga ponsel, tab, dan perangkat lainnya.

8. Judul dan URL yang menarik

Rupanya judul dan URL dapat menentukan tingkat seberapa user-friendly-nya sebuah website. Semakin relevan judul yang kamu cantumkan pada sebuah konten di website kamu, maka semakin mudah pengguna menemukan kontennya. Jadi mau kalaupun judulnya click bait, tidak akan terkesan membohongi pengguna. Begitu juga dengan URL yang sudah harus bisa mewakili isi konten. Sehingga baiknya judul dan URL dibuat menarik sesuai kata kunci konten tersebut.

9. Penyajian Konten

Content is a king! Mau bagaimana pun konten memanglah menjadi inti dan daya tarik website kamu. Hal yang perlu diingat, konten yang berkualitas harus didukung oleh penyajian yang tepat yakni disusun dengan runtut dan mudah dibaca. Ibaratnya semua informasi tidak perlu dimasukkan ke dalam satu paragraf penuh, kamu masih bisa memisahkannya bahkan membuat tabel jika memang itu informasi yang penting. Kamu juga dapat membuat runtutan penyampaian seperti dari info umum terlebih dahulu baru khusus.

10. Penempatan Call To Action yang jelas

Salah satu tujuan pembuatan website adalah meningkatkan konversi, maka agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan tujuan tersebut, yang perlu dilakukan adalah menempatkan Call To Action (CTA) yang jelas. Sehingga pengunjung yang tertarik tidak akan kebingungan ketika sudah tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Hal yang bisa kamu lakukan pada CTA di website kamu:

  • Dibuat mencolok dan mudah dikenali
  • Memiliki warna yang kontras
  • Memiliki ukuran font yang terbaca mata
  • Diletakkan di posisi strategis
  • Tidak banyak. Cukup satu CTA pada satu halaman

10 Cara Membuat Website User Friendly

Setelah mengetahui kriteria website user friendly, tentu kamu bisa membayangkan apa saja yang perlu kamu ubah dari website kamu agar lebih user friendly. Agar kamu tidak perlu repot membuat list yang perlu kamu lakukan, berikut beberapa tips atau cara membuat website user friendly yang perlu kamu ketahui!

1. Dengarkan Penggunamu

Untuk membuat website user friendly, tentu fokus utamamu adalah pengguna! Pengalaman penggunalah yang dapat membuat website kamu menjadi user friendly. Jadi hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat survei untuk mengetahui pendapat pengguna terhadap website kamu. Kamu bisa mulai menanyakan;

  • Apa saja yang mereka cari pada website kamu
  • Apa yang mereka harapkan ada di website kamu
  • Apa hal yang mereka kurang suka dari website kamu
  • Apa hal yang mereka sukai dari website kamu
  • Apa hal yang perlu dipertahankan dari website kamu

2. Percepat akses website

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu kriteria website user friendly adalah loading yang cepat bahkan tidak hanya di website melainkan juga di perangkat mobile. Maka yang perlu kamu lakukan sekarang adalah memastikan website kamu dapat loading dengan cepat.

3. Hati-hati dalam pemilihan warna dan ukuran font

Bisa jadi hal yang membuat website kamu kurang user friendly adalah warna dan ukuran font yang tidak terbaca oleh pengguna. Jadi mulai sekarang kamu perlu berhati-hati dalam memainkan warna dalam website kamu agar pengguna dapat membaca informasi dengan mudah dan tidak melelahkan.

4. Perbaiki tampilan layout

Faktanya 80% pengguna internet saat ini menggunakan smartphone, mereka lebih banyak mencari informasi melalui genggaman. Maka jika tampilan layout website kamu kurang cocok untuk dibaca lewat ponsel, kamu perlu memperbaikinya. Yang terpenting adalah membuat pengguna tidak perlu melakukan zoom pada ponselnya setiap ingin melihat apa yang ingin kamu tampilkan pada website.

5. Buat Navigasi yang mudah dipahami

Semakin sederhana navigasi website kamu, maka semakin nyaman juga pengguna dalam mengakses website kamu.  Maka dari itu pastikan membuat navigasi dengan kategori yang tidak terlalu banyak. Kamu bisa mulai dengan memberikan nama pada setiap halaman, menempatkan konten yang serupa pada satu kategori dan pertahankan sub navigasi seminimal mungkin.

6. Menyediakan konten mendalam

Di zaman penuh informasi saat ini, sangat mudah menemukan informasi tanpa melalui website dengan cepat sehingga fungsi website menjadi sangat mudah tergantikan. Hal yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah membuat konten yang dibahas secara mendalam. 

Kebanyakan pengguna internet mengakses website untuk mencari informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan hal yang mereka dapatkan dari platform lain seperti social media. Dengan menyediakan tipe konten mendalam (in-depth), website kamu dapat menjawab keinginan pengguna yang mana makin membuat website kamu semakin user friendly. 

7. Menyediakan kolom pencarian

Website user friendly itu selain mudah diakses oleh pengguna, juga memudahkan dalam pencarian konten atau informasi yang pengguna inginkan. Maka hal paling sederhana yang perlu dilakukan pada website kamu adalah menyediakan kolom pencarian agar pengguna lebih mudah lagi dalam menemukan konten atau informasi yang mereka butuhkan. Hal ini juga dapat memberikan kenyamanan pada pengguna untuk lebih lama mengakses website kamu.

8. Tambahkan informasi kontak

Salah satu yang penting dalam pembuatan website user friendly adalah menambahkan informasi kontak. Dengan dicantumkannya informasi kontak pada website kamu, pengguna lebih mudah untuk menghubungi kamu dalam penawaran bisnis atau bahkan saat menemukan kendala terhadap produk kamu. Hal yang perlu diingat, tidak hanya sekadar memberikan kontak yah, kamu juga perlu responsif dalam menanggapi pengguna yang mengontakmu melalui website yah!

9. Perhatikan penggunaan CTA

Seperti yang telah disebutkan juga bahwa salah satu kriteria website user friendly adalah memiliki penempatan CTA atau Call To Action yang jelas. Jangan sampai CTA kamu ditempatkan pada konten atau informasi yang tidak nyambung. Tidak hanya soal tempat atau posisi CTA, kamu juga perlu memperhatikan apakah CTA yang dibuat sudah menarik atau menggunakan kata yang dapat mengundang pengguna ingin melakukan aksi? Kamu juga harus membuat CTA terlihat berbeda dari semua yang ada di website agar pengguna dapat menemukannya.

10. Pastikan bisa diakses oleh semua orang

Website user friendly itu tidak terbatas oleh beberapa pengguna yang mana artinya semua orang harus bisa mengaksesnya. Termasuk di dalamnya pengguna tua-muda, bahkan tunanetra. Saat ini sudah banyak website yang meningkatkan aksesibilitas untuk para pengguna tunanetra, misalnya website portal berita. Semakin banyak kalangan pengguna yang dapat mengakses atau mengunjungi website kamu, tentunya semakin meningkat juga kredibilitas website kamu.

Baca Juga: Contoh Website Perusahaan dan Pribadi yang baik 

Yuk buat website kamu jadi lebih user friendly!

Itu tadi 10 kriteria website user friendly beserta 10 cara membuat website kamu lebih user friendly! Inti dari website friendly adalah pengalaman penggunanya, maka dari itu penting untuk selalu mendengarkan apa yang pengguna atau audiens kamu inginkan dari website kamu. Selain survei, kamu juga bisa mulai menganalisa sendiri traffic website kamu untuk melihat bagian mana saja yang sering diklik atau dikunjungi oleh para pengguna.

Hal yang paling penting dari semuanya adalah selalu pastikan untuk mengetes segalanya pada website kamu untuk melihat apa yang audiens kamu inginkan. Kamu bisa melakukan A/B testing secara rutin, mengundang beberapa audiens loyal untuk mencoba atau mereview website kamu, dan bahkan kamu bisa memberikan kesempatan pada audiens baru yang sama sekali tidak mengetahui website kamu untuk mengaksesnya.Banyak hal yang bisa kamu lakukan, akan tetapi jika kamu masih belum tahu harus memulai dari mana untuk membuat website perusahaan atau bisnis kamu jadi lebih user-friendly, kamu bisa mulai mencari pertolongan para ahli, seperti MicroAd Indonesia. Tidak hanya berpengalaman dalam pengembangan website, MicroAd Indonesia juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Jadi jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhanmu pada kami! Yuk hubungi kami sekarang!

MAI
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities