Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th FloorJl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
maketing@mai.co.id

Apa itu SEO Off Page? – Dalam pengembangan website, hal yang paling menantang itu tidak hanya tentang pembuatannya saja melainkan bagaimana cara mempromosikan website sehingga mudah ditemukan oleh para pengguna.

Seperti yang kamu ketahui, sebuah upaya untuk membuat website kamu mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google disebut dengan SEO atau Search Engine Optimization. Nah, SEO sendiri memiliki dua tipe teknik yang di antaranya adalah SEO on page dan SEO off page.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, artikel di bawah ini akan membahas apa itu SEO off page? Apa perbedaannya SEO on page dan off page? Seperti apa contohnya? Simak artikel berikut ini!

Apa itu SEO Off Page?

Sebelumnya sudah dibahas mengenai SEO on page yang merupakan teknik optimasi yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan traffic dan meraih peringkat teratas di mesin pencari dengan cara  mengoptimalkan  konten dan beberapa hal teknis pada halaman website. Hal yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apakah SEO on page saja cukup?

Tentu website kamu masih membutuhkan SEO off page agar hasilnya lebih maksimal. Apa itu SEO off page? Kebalikan dari SEO on page, SEO off page adalah  teknik optimasi yang fokus pada faktor dukungan luar website untuk meningkatkan traffic dan meraih peringkat teratas di mesin pencari.

Beberapa komponen SEO off page sendiri tentu saja semuanya berasal dari third party atau dari luar website, salah satunya yang paling penting adalah backlink!

Apa itu backlink?

Sebagai komponen penting dari SEO off page, backlink merupakan link dari suatu domain atau subdomain yang mengarah ke halaman web lain. Setiap backlink dapat memberi tahu mesin pencari bahwa konten yang ditautkan memang kredibel, sehingga backlink sendiri seperti sebuah “vote” untuk website kamu dari website lain.

Backlink sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya:

Juice Link

Jenis backlink yang paling mendasar yakni yang langsung mengarahkan pengunjung dari website lain ke website kamu untuk meningkatkan traffic.

Link No-Follow

Jenis backlink satu ini biasanya digunakan oleh website yang memiliki otoritas tinggi, seperti website pemerintah atau lembaga pendidikan. Hal ini mencegah adanya spam pengunjung yang hendak mempromosikan website nya secara gratis di kolom komentar.

Link Do-Follow

Kebalikan dari link no-follow, jenis backlink memperbolehkan tautan satu domain ke domain lainnya. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri yang saling berkaitan. Jadi bisa saling memperkenalkan bisnis ke pelanggan masing-masing.

Link Root Domain

Jenis backlink satu ini lebih mengacu pada jumlah backlink yang diterima oleh website dari satu domain. Jadi sebanyak apa pun backlink yang kamu terima tapi berasal dari satu domain, maka akan dihitung sebagai satu backlink.

Untuk melihat lebih jelas lagi mengenai seperti apa SEO off page itu, kamu bisa menyimak gambar di bawah ini.

Contoh SEO Off Page Backlink

SEO On Page vs SEO Off Page

Dari pengertiannya, jelas cara kerja SEO on page dan SEO off page itu berbeda. Untuk melihat lebih jelas perbedaannya, berikut tabel komponennya

SEO On PageSEO Off Page
Mengoptimalkan Konten SEO-FriendlyMemasarkan Konten (Content Marketing)
Mengoptimalkan Internal LinkingMenggunakan Link Building (Backlink)
Memperhatikan Title & Meta TagMemanfaatkan Forum Online
Menambahkan Gambar SEOPromosi melalui social media

Manfaat SEO Off Page

Menurut beberapa riset seperti yang dilakukan Moz, perusahaan yang bergerak di bidang SEO, menunjukkan bahwa SEO Off Page dapat mempengaruhi hingga 50% penilaian Google terhadap website kamu. Maka dari itu SEO off page tidak bisa kamu abaikan begitu saja untuk mencapai hasil yang maksimal. Untuk memahami seperti apa itu SEO on page lebih lanjut, mari simak manfaat SEO on page berikut ini:

1. Meningkatkan ranking di mesin pencari (SERP)

Manfaat paling besar dari SEO off page adalah meningkatnya SERP (Search Engine Result Page). SERP sendiri merupakan halaman hasil mesin pencari, semakin tinggi SERP maka semakin mudah website kamu ditemukan atau tampil di halaman pertama Google.

Untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari, biasanya website memiliki banyak backlink yang cukup berkualitas dari halaman lain yang tentunya relevan. Hal ini dilakukan agar Google lebih percaya untuk memberikan ranking pada website kamu.

2. Menjangkau audience baru

SEO off page memang memungkinkan untuk dimudahkannya website kamu, maka dari itu dampak yang akan didapatkan selanjutnya adalah memungkinkan untuk terjangkaunya audience baru yang belum mengetahui tentang produk atau kamu melalui website.

3. Mendapatkan real authority

Kualitas konten yang baik saja memang tidak cukup, website juga memerlukan backlink berkualitas untuk otoritas nyata atau kredibilitas. Rata-rata, website yang di ranking pertama memiliki 3,8 kali backlink lebih banyak dibanding posisi kedua hingga kesepuluh. Bukan berarti backlink banyak artinya website kamu akan lebih baik yah, kamu perlu memperhatikan kualitas website yang menjadi tempat backlink kamu.

Butuh bantuan untuk mengoptimasi SEO off-page website milikmu? Kamu bisa menghubungi MicroAd Indonesia yang akan dengan senang hati membantu kamu.

Bisakah SEO Off Page tanpa backlink?

Setelah mengetahui apa itu SEO off page dan manfaatnya, kamu jadi mengetahui salah satu komponen penting yang sempat disinggung beberapa kali yakni backlink! Melibatkan website lain yang berkualitas agar dapat memberikan backlink pada website kamu mungkin menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika website kamu masih baru atau kamu tidak memiliki relasi kenalan yang memiliki website berkualitas untuk diajak kerja sama.

Oleh karena hal itu, muncul pertanyaan yang cukup sering ditanyakan para pembuat website baru, yakni apakah SEO off page bisa berjalan tanpa backlink? Jawabannya tentu saja bisa. Cara SEO off page tanpa backlink bekerja adalah dengan mengandalkan hal berikut ini secara maksimal:

Social media marketing

Sesuai namanya, ini sesederhana mempromosikan website kamu di social media. Bahkan jika viral di social media, memungkinkan website kamu mendapatkan traffic

Linked dan unlinked brand mentions

Ketika brand kamu disebutkan dengan atau tanpa ditautkan link website kamu, mesin pencari seperti Google akan tetap menghitungnya sebagai nilai tersendiri yang mana akan menjadi sebuah suggestion untuk website kamu.

Guest blogging

Kamu juga bisa menjadi narasumber di website atau blog lain. Dengan kamu menuliskan sebuah konten sebagai guest, memungkinkan pembaca blog tersebut mencari tahu tentang website kamu.

Influencer marketing

Kamu bisa memanfaatkan pengaruh dari para influencer untuk mengajak followersnya mengunjungi website kamu.

Newsletter

Sampai hari ini e-mail marketing dalam bentuk newsletter masih cukup efektif digunakan. Dari sini kamu bisa membagikan konten website kamu dan memberikan tautan linknya.

Cukup banyak kan caranya? Intinya, SEO off page tidak melulu tentang penempatan backlink atau Link Building

Yuk optimalkan SEO Off Page website kamu!

Jika kamu belum benar-benar memahami atau bahkan menguasai ilmu SEO itu sendiri, kamu bisa mendapatkan bantuan dari ahlinya seperti MicroAd Indonesia. Tidak hanya berpengalaman dalam pengembangan website, MicroAd Indonesia juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Yuk konsultasikan kebutuhanmu pada kami!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities