Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

Apa itu SEO On Page? – SEO on page adalah salah satu dari teknik pengoptimalan website yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian. 

Sebagai pemilik atau pembuat website, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu upaya untuk mengoptimasi website untuk meningkatkan traffic website dalam dunia digital marketing. Nah, ada dua tipe teknik SEO yang digunakan dalam pengoptimalan website, yakni SEO on page dan SEO off page.

Karena sama-sama digunakan dalam meningkatkan performa SEO, maka keduanya memang lebih baik digunakan secara beriringan. Untuk itu, ada baiknya untuk mempelajari salah satunya lebih lanjut. Di artikel bawah ini kita akan membahas apa itu SEO on page? Apa perbedaan SEO on page dan off page? Seperti apa contohnya? Simak artikel berikut ini!

Baca Juga: Apa itu SEO? Pelajari Search Engine Optimization yuk!

Apa itu SEO On Page?

SEO on page adalah teknik optimasi yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan traffic dan meraih peringkat teratas di mesin pencari dengan cara  mengoptimalkan  konten dan beberapa hal teknis pada halaman website.

Komponen-komponen dalam website yang biasanya dioptimalkan SEO on page meliputi hal-hal berikut ini:

Meta Title

Meta title adalah judul artikel atau konten website kamu yang muncul pada mesin pencari seperti Google. Kamu dapat menentukan meta title yang akan ditampilkan dengan cara menambahkan title tag pada website milik mu. Meta title yang dibuat menarik dan mengandung keyword yang sesuai dapat mengundang audiens untuk mengklik artikelmu.

Meta description

Meta description merupakan deskripsi singkat atau ringkasan dari isi konten website yang muncul di halaman hasil pencarian. Jika kamu googling suatu keyword, pasti di bawa judul artikelnya ada deskripsi dan itulah yang dinamakan meta description. Sama seperti meta title, kamu juga bisa menentukan meta description dengan cara menambahkan description tag-mu sendiri.

URL Structure

URL structure merupakan komponen yang cukup penting diperhatikan karena sebaiknya nama URL yang digunakan sesuai dengan kata kunci yang ingin kamu sematkan. Tidak hanya itu, URL title sebisa mungkin dibuat singkat alias tidak terlalu panjang dan mudah dibaca agar mesin pencari seperti Google lebih mudah mengenali dan menemukan website kamu.

Alt text untuk gambar

Komponen SEO on page berikutnya adalah alt text untuk gambar alias teks alternatif pada setiap gambar yang terdapat pada konten website kamu. Alt text sendiri berfungsi sebagai teks yang membantu kamu mengenali gambar jika internet pembaca website kamu tidak dapat menampilkan gambar secara utuh.

Selain itu, dengan kata kunci yang tepat dan relevan, mesin pencari lebih mudah mengenali isi konten dari setiap gambar yang diupload. Kamu pasti pernah kan mencari gambar dengan keyword tertentu di mesin pencari dan terdapat link website sebagai sumbernya? Itulah salah satu fungsi alt text dalam mesin pencari.

Internal link

Internal link adalah link atau tautan yang ditautkan pada suatu konten yang akan mengarah ke halaman atau konten lainnya di website kamu. Link yang ditautkan biasanya saling berkaitan. Misal pada artikel ini membahas mengenai SEO on page, maka internal link lainnya yang bisa ditautkan adalah link artikel yang membahas pengertian SEO.

Site speed

Seperti namanya, komponen satu ini merupakan indikator seberapa cepat halaman website kamu dapat menampilkan konten saat diklik oleh pengguna. Site speed yang optimal cenderung membuat pengguna bertahan untuk mengeksplor konten pada website kamu, ketimbang buru-buru menutup website karena konten belum kunjung ditampilkan secara utuh.

Sebenarnya masih banyak lagi komponen SEO on page seperti konten yang baik dengan keyword optimal, heading structure yang mudah dibaca, dan lain sebagainya. Intinya semua komponen dalam website harus kamu maksimalkan dengan baik. Sebelum fokus ke hal-hal lain di luar website.

Jika kamu butuh bantuan untuk mengoptimalkan SEO website bisnismu, silahkan hubungi MicroAd Indonesia yang akan dengan senang hati membantumu.

SEO On Page vs SEO Off Page

Setelah mengetahui apa itu SEO on page beserta komponen-komponennya, kamu pasti jadi penasaran apa bedanya SEO on page dengan SEO off page? Karena komponen SEO on page terlihat seperti komponen SEO pada umumnya.

Singkatnya, SEO off page merupakan teknik optimasi website yang dilakukan di luar website. Tujuannya sama dengan SEO on page, hanya saja komponen-komponen yang dimiliki SEO off page berada di luar website seperti link building, backlink, dan lain sebagainya.

Manfaat SEO On Page

Untuk memahami seperti apa itu SEO on page lebih lanjut, penting untuk mempelajari manfaatnya terlebih dahulu. Meski tujuan SEO on page dan SEO off page itu sama, manfaatnya bisa jadi berbeda. Menurut Jamie Fisher yang dikutip Trapica melalui Medium, berikut manfaat SEO on page:

1. Membuat konten sesuai target 

Content is a king! – konten merupakan elemen terpenting dalam website, maka SEO on page dapat membantu mengoptimalkan konten yang telah kamu buat dengan baik mendapatkan audiens yang sesuai target kamu.

2. Membantu meningkatkan traffic

Seperti yang kita ketahui tujuan utama SEO adalah meningkatkan traffic pada website. Dengan mengoptimalkan komponen-komponen dalam SEO on page dapat meningkatkan peluang traffic pada website bahkan memungkinkan untuk mendapatkan conversions (konversi). 

3. Meningkatkan ranking di mesin pencari

SEO on page itu mengoptimalkan halaman website kamu dari dalam agar mudah ditemukan oleh pengunjung di mesin pencari. Semakin mudah ditemukan, peluang website kamu berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google semakin besar.

4. Meningkatkan brand dan pertumbuhan bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEO on page yang optimal tidak hanya dapat meningkatkan traffic tetapi juga dapat meningkatkan peluang konversi yang mana ini akan berkaitan dengan pertumbuhan bisnis kamu yang dapat menjangkau lebih banyak target audiens.

5. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal

Tentu yang namanya SEO itu dilakukan secara organik alias tidak berbayar seperti SEM yang umumnya menggunakan iklan. Sehingga pengoptimalan SEO on page termasuk publikasi yang  tidak mengeluarkan biaya mahal bahkan bisa jadi gratis dalam prosesnya jika kamu benar-benar memahami ilmu SEO itu sendiri.

Baca Juga: Apa itu SEM? Pelajari Search Engine Marketing (SEM) yuk!

Yuk optimalkan SEO On Page website kamu!

Jika kamu belum benar-benar memahami atau bahkan menguasai ilmu SEO itu sendiri, kamu bisa mendapatkan bantuan dari ahlinya seperti MicroAd Indonesia. Tidak hanya berpengalaman dalam pengembangan website, MicroAd Indonesia juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Yuk konsultasikan kebutuhanmu pada kami!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities