Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th FloorJl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
maketing@mai.co.id

Dalam web atau apps development, UI dan UX merupakan istilah yang sering digunakan dan tentunya bukanlah hal asing. Tidak heran jika beberapa orang mengira bahwa UI dan UX itu merupakan hal yang sama karena penyebutannya yang selalu beriringan bahkan hanya dipisah oleh garis miring seperti UI/UX. Nyatanya, perbedaan UI dan UX sebenarnya cukup terlihat walaupun masih saling berhubungan.

Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena baik UI maupun UX sama-sama berfungsi untuk mengembangkan desain website atau aplikasi (apps), hanya saja tidak dapat dikatakan seratus persen benar karena UI dan UX memiliki cara kerja yang berbeda. Untuk itu artikel kali ini akan membahas secara lebih mendalam apa itu UI dan UX? Apa saja perbedaan UI dan UX? Manakah yang lebih penting di antara keduanya Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Contoh Website Perusahaan dan Pribadi yang baik

Apa itu UI?

UI atau kepanjangan dari User Interface (desain antarmuka) merupakan sebuah proses mendesain suatu produk yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan agar terlihat lebih menarik. Tentunya upaya memperindah ini dilakukan agar pengunjung betah atau tertarik menelusuri lebih lama website atau aplikasi.

Biasanya UI diimplementasikan pada bentuk layout, logo, pemilihan warna dan font, bentuk tombol, animasi yang terjadi saat produk ditampilkan, visual interaktif, dan lain sebagainya. Meski mengedepankan estetika, UI juga dibuat untuk memudahkan pengguna agar lebih cepat menemukan yang ingin mereka cari (skimming).

Apa itu UX?

UX atau kepanjangan dari User Experience merupakan sebuah proses mendesain suatu produk yang lebih memfokuskan pada pendekatan pengalaman penggunanya. UX digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengunjung website atau aplikasi melalui rasa senang dan fungsional saat pengunjung berinteraksi dengan produk. Intinya selama pengguna nyaman, mudah dan tidak bingung saat mengakses website atau aplikasi buatanmu, maka UX bekerja dengan baik.

Biasanya UX diimplementasikan pada fitur-fitur yang disediakan website atau aplikasi, struktur desain, navigasi web/apps, keseluruhan aspek interaksi pengguna, pemindahan dari halaman ke halaman, flow atau alur pengguna dalam mengakses web/apps termasuk instruksi dan struktur di dalamnya. Umumnya UX juga dapat menentukan seperti apa branding, konten, dan copywriting pada web/apps.

Perbedaan UI dan UX

Dari pengertiannya, sebenarnya sudah tergambarkan perbedaan antara UI dan UX, meski memiliki tujuan umum yang sama yakni membuat pengguna lebih betah dan puas dalam menggunakan atau berinteraksi dengan produk kita (baik website maupun aplikasi). Untuk itu mari bahas lebih lanjut perbedaan UI dan UX!

 UIUX
TujuanMembuat tampilan produk lebih menarikMemberikan pengalaman menyenangkan saat memakai produk
FokusTampilan yang menarikKepuasan dan kenyamanan pengguna
ElemenWarna, font, video, layout, animasiNavigasi, struktur desain, kegunaan fitur-fitur
Pre-buildingDesain mockupDesain prototype dan wireframe
Didesain berdasarkanRiset desain dan konsep produkRiset pengguna
Skill yang dibutuhkanDesain grafis, creative thinking, desain branding, motion graphic, convergent thinkingProblem solving, Critical thinking, creative thinking, wireframing, consumer empathy

Biar kamu lebih mudah membayangkannya, anggap saja produk yang kamu miliki adalah sebuah mobil bukan website atau aplikasi, maka pertanyaan yang dilontarkan seorang UI designer dan UX designer akan seperti berikut ini perbedaannya:

Pertanyaan UI designer:

“Warna mobil bagusnya apa ya?”

“Bentuk body mobil lebih baik dibuat melekuk cekung atau cembung?”

Sedangkan, pertanyaan UX designer:

“Gunanya tombol ini di mobil untuk apa yah?”

“Kira-kira masalah apa yang bisa dijawab oleh persneling yang dibuat zig zag?”

UI vs UX: Manakah yang lebih penting?

Kamu sudah memahami perbedaan UI dan UX, lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah manakah yang lebih penting? Mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu pada website atau aplikasimu? Apakah itu UI atau UX?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penting untuk menggarisbawahi bahwa UI dan UX sejatinya tidak dapat dipisahkan. Biar bagaimanapun dalam memikat pengguna dan membuat mereka setia pada produkmu, maka UI dan UX memiliki peran yang sama pentingnya bahkan saling melengkapi.

Contohnya tombol close pada pop up di website atau aplikasi, dari segi UX tombol close dibutuhkan agar pengguna mudah menutup tab atau halaman yang tidak mereka inginkan. Sementara dari segi UI tombol close tersebut bisa didesain dengan tanda X dan warna merah agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Dari case ini, kamu bisa memahami bahwa UI dan UX memang hal yang saling beriringan.

Untuk melihat mana yang perlu diprioritaskan antara UI dan UX pada produkmu, kamu perlu riset lebih lanjut. Kamu bisa mulai melihat tombol atau halaman mana saja yang jarang digunakan oleh pengunjung, bahkan kamu dapat meminta kritik dan saran pengunjung langsung untuk melihat tingkat kepuasan mereka saat menggunakan produkmu.

Baca Juga: Apa Itu Website User Friendly? Pengertian dan Kriterianya

Kesimpulan

Itu tadi pembahasan mengenai apa itu UI dan UX, apa saja perbedaan signifikan antara UI dan UX? Secara umum UI dan UX sama-sama bertujuan untuk menarik perhatian dan mempertahankan kenyamanan pengguna dalam menggunakan website atau aplikasi. Secara spesifik UI bertujuan untuk membuat tampilan website atau aplikasi terlihat lebih menarik, sementara UX bertujuan untuk memberikan pengalaman menyenangkan pada pengguna saat mengakses website atau aplikasi.

Baik UI maupun UX, keduanya sama pentingnya dan bahkan tidak dapat dipisahkan. Sehingga kamu perlu meriset lebih lanjut manakah yang perlu kamu prioritaskan pada website dan aplikasimu. Jika kamu butuh bantuan dalam hal ini, kamu bisa mengkonsultasikannya pada ahlinya, seperti MAI. Tidak hanya berpengalaman dalam pengembangan website, MAI juga merupakan agensi digital yang telah berpengalaman dalam social media management dan digital marketing yang siap mempermudah pekerjaanmu dalam mencapai target bisnismu. Jadi jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhanmu pada kami! Yuk hubungi kami sekarang!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities