Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th FloorJl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
maketing@mai.co.id

Para penggiat sosial media sedang hangat-hangatnya berkenalan dengan media sosial terbaru yang dirilis oleh Instagram, yaitu Threads. Aplikasi Threads merupakan media sosial text-based atau berbasis teks yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang sudah eksis lebih dulu, Twitter. 

Secara garis besar, aplikasi Threads memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen dan mengunggahnya dalam berbagai macam output, seperti teks, kalimat, dan tulisan. Aplikasi ini dirilis ketika Twitter mulai membatasi jumlah tweetnya dan Threads ingin membuat aplikasi text-based dengan batasan karakter yang lebih banyak.

Jika Twitter menawarkan batasan unggahan teks hingga 280 karakter saja, maka Threads memungkinkanmu untuk mengunggah teks dengan panjang hingga 500 karakter. Cukup panjang, bukan? Lebih dari itu, aplikasi Threads juga memungkinkan penggunanya untuk bisa menyertakan foto, tautan website dan video dengan durasi hingga lima menit. 

Meski terbilang mirip dengan aplikasi Twitter yang memungkinkan penggunanya membagikan momen text-based, aplikasi instagram Threads memiliki tampilan dan fitur yang sedikit berbeda yang membuat kedua aplikasi ini berbeda.

Baca Juga: Mengenal Social Media Campaign: Pengertian dan Bagaimana cara membuatnya?

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Instagram Threads?

Sama seperti aplikasi media sosial pada umumnya, aplikasi instagram Threads memiliki beberapa fitur yang memungkinkanmu untuk bisa mengeksplor akun, melihat profil, mengecek mention, dll. Di bagian home, kamu bisa menemukan berbagai macam unggahan yang dilakukan oleh pengguna lain yang bergabung di Threads.

Aplikasi ini tersedia baik di iOs maupun Android. Kamu bisa langsung menemukannya di PlayStore atau AppStore. Tapi, jangan sampai salah logo, ya. Aplikasi Threads ini memiliki logo logo sederhana yang terdiri dari lingkaran dengan garis vertikal yang melewatinya. Sekilas, logo tersebut terlihat seperti simbol “@”, yang diwujudkan dalam font sans serif Instagram dengan tampilan modern dan ramping. Setelah mengunduhnya, kamu bisa langsung melakukan personalisasi akunmu sebagaimana kamu melakukannya di Instagram, seperti personalisasi profil, username, foto, hingga akun yang telah kamu ikuti sebelumnya di instagram. Menariknya lagi, jika akun Instagrammu telah terverifikasi atau mendapat centang biru, maka akun Threads-mu otomatis akan mendapatkan centang biru juga. 

Sejauh ini, aplikasi instagram Threads belum belum memiliki fitur yang dapat diatur untuk menyaring Thread siapapun yang ingin kamu lihat maupun tampilkan di laman home milikmu. Jadi, aplikasi ini secara rutin akan menampilkan akun-akun yang terhubung dengan akunmu yang telah kamu ikuti sebelumnya di Instagram. Berikut beberapa fitur Threads yang harus kamu tahu:

1. Home

Halaman ini memungkinkanmu untuk melihat unggahan pengguna lain yang telah kamu ikuti sebelumnya. Threads juga terkadang merekomendasikan beberapa post dari akun lain yang dianggap relate dengan niche-mu. Anyway, di setiap post Threads, terdapat 4 tombol, yakni like untuk menyukai post, reply untuk memberikan balasan, repost untuk membagikan ulang dengan atau tanpa quote, dan share yakni untuk membagikan post lintas platform, seperti ke Instagram Story, Feed hingga aplikasi lain. 

2. Search

Menu ini memungkinkanmu untuk melakukan pencarian akun pengguna lain yang ingin kamu ketahui. Kamu juga akan direkomendasikan akun yang bisa kamu follow, lho. Rekomendasi ini akan dimunculkan sesuai dengan aktivitas penggunanya. Keren, ya.

3. Berbagi Thread

Di bagian tengah, kamu akan menemukan menu New Threads yang memungkinkanmu untuk membuat post terbaru. Kamu bisa membagikan momen apapun dalam bentuk teks, foto, lampiran web, hingga video. Bahkan, kamu bisa mengatur siapa saja yang dapat membalas unggahanmu, seperti hanya bisa dibalas oleh akun yang difollow, akun yang dimention, atau bahkan semua orang.

4. Activity

Fitur ini akan memunculkan notifikasi yang pengguna lain lakukan di akunmu, seperti follow, like, hingga reply post. Ada 4 kategori dalam fitur ini, seperti:

  • All: menampilkan semua notifikasi.
  • Replies: menampilkan balasan atas thread-mu dari pengguna lain.
  • Mentions: menampilkan mention dari pengguna lain ke akunmu. 
  • Verified: menampilkan notifikasi verifikasi dari akun pengguna lain.

5. Halaman Profil

Fitur ini memungkinkanmu untuk melihat detail profil dan seluruh post yang telah diunggah sebelumnya, Kamu bisa melakukan personalisasi, mengedit, hingga membagikan profilmu dengan cara klik menu di bagian bawah profilmu. Sedangkan di bagian kiri atas halaman profil, terdapat menu yang memungkinkanmu untuk mengatur privasi akunmu.

Baca Juga: Apa itu Google Bard? Mengenal lebih jauh pesaing ChatGPT

Bagaimana Review Pengguna aplikasi ini?

Bisa dibilang, aplikasi Instagram Threads ini cukup massive di hari pertama rilis. Hal ini wajar karena banyak pengguna yang penasaran dengan aplikasi baru. Namun, berikut beberapa manfaat Threads yang bisa kamu dapatkan:

Memungkinkan Interaksi Personal

Kamu bisa menambahkan teks, stiker, emoji, hingga tautan ke luar yang memungkinkanmu untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, atau informasi apapun itu.

Kolaborasi yang Apik

Kamu bisa berkolaborasi dalam satu postingan Threads dan menggabungkan narasi atau konten cerita dalam satu kesatuan cerita, lho.

Keamanan Privasi Terjaga

Sebelum mengunggah postinganmu, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa berinteraksi dengan postinganmu, seperti teman saja, keluarga, hingga orang-orang tertentu, sehingga privacy-mu akan lebih terjaga.

Fokus pada Konten Visual

Aplikasi Threads memungkinkanmu untuk fokus pada isi konten visual saja, baik foto atau video dengan tidak menampilkan komentar atau like dari pengguna lain yang sering dianggap sebagai distraksi. 

Wah, ternyata Instagram Threads menarik sekali, bukan? Apakah menurut kamu aplikasi Threads bisa mengalahkan Twitter? Untuk kamu yang ingin menuliskan cerita atau menarasikan cerita dengan mengikutsertakan konten pendukung sekarang akan makin nyaman berkat aplikasi Instagram Threads ini. Buat cerita sebanyak mungkin dan buat ceritamu menarik untuk diikuti pengguna lain agar personal branding-mu jadi semakin kuat.Namun, jika kamu mau tahu lebih lanjut tentang Threads, kamu bisa mengikuti kelas Social Media Management dari MAI Class, loh. Akan ada banyak tips dan trik menarik seputar dunia media sosial dari basic hingga advanced untuk kamu yang ingin menjadi profesional di bidang ini. Yuk, segera booking kelasnya sekarang sebelum kehabisan slot! Klik di sini, ya!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities