Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th Floor Jl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
marketing@mai.co.id

E-commerce, atau yang akrab kita kenal dengan “belanja online”, telah menjadi arena ritel yang dinamis di Indonesia. Konsumen masa kini dimanjakan dengan kemudahan dan kenyamanan dalam genggaman, bisa hunting fashion terkini hingga kuliner hits tanpa perlu melangkah keluar rumah. Agar dapat mengambil keuntungan di industri digital ini, penting untuk memahami seluk-beluk belanja online masyarakat Indonesia.

E-commerce: Jual-Beli Online yang Praktis

Secara simpel, e-commerce adalah aktivitas jual-beli barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik melalui internet. 

Bayangkan e-commerce sebagai mall virtual tempat pembeli dan penjual bertemu. Di sini, pembeli bisa dengan mudah mencari produk, chat langsung dengan penjual, dan menyelesaikan transaksi dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Conversion Adalah Kuncinya! Buat Pengunjung Jadi Pelanggan

Darimana Calon Pembeli Datang Sebelum Melakukan Transaksi?

Sebelum melakukan transaksi pembelian, tentunya akan ada customer journey yang terjadi. Kegiatan apa yang calon pembeli lakukan sebelum melakukan transaksi? Platform apa yang mereka gunakan sebelum memutuskan melakukan transaksi? Global Web Index (Q1 2024) mengungkap lima sumber favorit konsumen digital Indonesia:

  1. Media Sosial (64,90%) – Platform seperti Instagram dan TikTok tak hanya untuk hiburan, tapi juga sumber informasi. Brand yang aktif dan eksis di media sosial dengan konten berkualitas, berpeluang tinggi dilirik calon pembeli lebih besar.
  2. Mesin Pencari (55,50%) – Google tetap jagoan! Dengan deskripsi produk yang menggugah dan website Anda mudah ditemukan di pencarian Google, calon pembeli akan lebih tertarik untuk melakukan transaksi pada produk Anda.
  3. Ulasan Konsumen (53,30%) – Masyarakat Indonesia percaya akan testimoni. Dorong kepuasan pelanggan untuk meninggalkan review positif di platform e-commerce dan media sosial. Review positif seperti bintang atau cap jempol akan membuat pembeli lainnya percaya.
  4. Situs Produk/Merek (34,70%) – Website Anda adalah etalase online. Pastikan informasi produk lengkap, akurat, dan mudah dipahami. Jangan sampai pengunjung website malah bingung dan kabur.
  5. Aplikasi Seluler (27,70%) – Belanja online lewat smartphone sudah jadi gaya hidup. Punya aplikasi mobile yang user-friendly harus menjadi prioritas Anda. 

Indonesia: Juara Belanja Online Asia Tenggara?

Survei Jakpat menunjukkan bahwa 88% masyarakat Indonesia aktif menikmati belanja online di semester kedua 2023. Nggak heran, rata-rata pengeluaran belanja online bulanan masyarakat Indonesia mencapai Rp 429.509. 

Data ini menunjukkan betapa antusiasnya masyarakat Indonesia dalam kegiatan belanja online dan betapa besar potensi bisnis yang bisa dikembangkan dari kegiatan ini.

Butuh bantuan untuk merencanakan dan melaksanakan strategi bisnis anda?

Kami akan dengan senang hati akan membantu Anda menerapkan strategi terbaik untuk bisnis Anda!

Let’s Talk!

Marketplace Terpopuler di Indonesia (Q1 2024)

Global Web Index (Q1 2024) memberikan info soal popularitas berbagai marketplace di Indonesia:

Shopee (79,60%) – Rajanya marketplace Indonesia saat ini. Shopee menawarkan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan, serta memiliki fitur yang lengkap seperti gratis ongkir, program koin Shopee, dan integrasi dengan live streaming. Shopee terkenal ramah untuk penjual pemula dan cocok untuk produk dengan target market yang luas.

Tokopedia.com (56,40%) – Tokopedia dikenal sebagai pelopor marketplace Indonesia. Platform ini memiliki keunggulan pada sistem pembayaran yang terpercaya dan kemudahan berjualan bagi pebisnis perorangan. Tokopedia cocok untuk produk dengan target market yang melek teknologi dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Lazada (39,50%) – Marketplace yang didukung oleh Alibaba Group ini dikenal dengan sering mengadakan program diskon dan promosi besar-besaran. Lazada cocok untuk produk elektronik, gadget, dan perlengkapan rumah tangga.

Rakuten (11,70%) – Marketplace asal Jepang ini memiliki basis konsumen yang loyal, terutama untuk kategori fashion dan produk Jepang. Rakuten cocok untuk penjual yang ingin menyasar target market kelas menengah ke atas.

OLX (8,40%) – OLX lebih dikenal sebagai platform untuk jual-beli barang bekas. Namun, OLX juga menyediakan kategori untuk barang baru. OLX cocok untuk produk dengan harga bersaing dan pelaku usaha yang ingin menghabiskan stok lama.

Baca Juga: Apa Itu Collaborative Ads, Cari Tahu Lengkapnya Disini!

Memilih platform yang tepat untuk berjualan online itu seperti memilih gudang untuk menyimpan barang dagangan Anda.  Ada marketplace yang fokus pada barang tertentu, ada yang ramah untuk penjual pemula, dan ada juga yang jangkauannya luas ke seluruh penjuru Indonesia.  Pilihlah sesuai target market dan jenis produk yang Anda jual.

Ahmad Saga
Latest posts by Ahmad Saga (see all)
Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities