Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th FloorJl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
maketing@mai.co.id

Muncul di halaman teratas di mesin pencarian Google adalah impian banyak orang. Untuk bisa mendapatkannya, seseorang harus bisa mengoptimalkan website dengan baik. Salah satu cara agar website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian (SERP) adalah dengan melakukan link building di website. Dari sekian banyak link building, ada satu link yang sangat penting dan harus dioptimalkan dengan baik, yaitu backlink.

Semakin berkualitas backlink yang ada di dalam website, maka akan semakin baik pula nilai website-mu di dalam mesin pencarian. Selain itu, website-mu akan dianggap sebagai situs yang kredibel. Jika backlink ini terus kamu manage dengan baik, maka website-mu akan lebih mudah untuk muncul di halaman teratas mesin pencarian Google pula.

Teknik link building dan backlink ini adalah bagian dari optimasi Search Engine Optimization atau orang lebih mengenalnya dengan teknik SEO. Ada 2 teknik SEO, yakni SEO on-page dan SEO off-page. SEO on-page adalah teknik yang dilakukan untuk bisa mengoptimasi konten yang ada di halaman website-mu. Sedangkan SEO off-page adalah teknik yang dilakukan untuk mendongkrak posisi ranking website dari luar.

Beberapa hal yang termasuk pengoptimalan teknik SEO on-page, antara lain adalah pengoptimalan judul situs atau artikel, deskripsi, isi situs atau artikel itu sendiri, heading, permalink, alt image hingga kategori blog atau website. Sedangkan teknik SEO off-page, meliputi link building, listing business, brand mention, customer review, dll. Dan pada artikel kali ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai backlink yang merupakan bagian dari link building, yakni salah satu teknik pengoptimalan SEO off-page.

Baca Juga: Contoh Strategi Digital Marketing yang Efektif

Apa Sih Sebenarnya Backlink Itu?

Backlink atau inbound link adalah tautan satu arah dengan menggunakan anchor text yang biasanya digunakan untuk memberikan referensi lebih lanjut. Secara sederhana, backlink adalah sebuah tautan dari suatu website tertentu menuju website lain. Backlink dengan kualitas yang baik akan lebih diutamakan pada saat crawling oleh mesin pencarian atau SERP daripada backlink dengan kuantitas yang banyak namun kurang berkualitas.

Suatu backlink bisa disebut berkualitas bila backlink dianggap relevan dan terpercaya oleh mesin pencari. Untuk mengetahui backlink relevan atau tidak, mesin pencari akan menganalisis apakah backlink tersebut berasal dari website dengan niche yang serupa atau sama. Atau dalam kata lain, backlink yang berasal dari website yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan website akan dianggap sebagai backlink yang tidak relevan.

Semakin relevan backlink terhadap sebuah website, maka akan semakin terpercaya pula website tersebut dan akan semakin maksimal pula SEO-nya. Tentu ini akan menjadi nilai plus bagi website di mesin pencarian, bukan?

Sebutan lain untuk backlink adalah inbound link dan incoming link yang jika diartikan secara harfiah, keduanya berarti link masuk. Disebut demikian karena backlink biasanya diletakkan di dalam konten yang akan menerima atau merujuk ke website lain dengan niche yang serupa. Karena fungsinya inilah, backlink dapat memperkuat posisi website atau suatu konten agar bisa mendapatkan posisi di mesin pencari dan memperkuat posisi ranking serta menstabilkan kata kunci tertentu.

Apa Saja Manfaat Backlink untuk Kebutuhan SEO?

Secara berkala, algoritma mesin pencari akan melakukan crawl untuk website-website yang ada dan terdaftar ke dalam search engine. Website dengan backlink yang kredibel dan relevan akan diprioritaskan untuk bisa mendapatkan posisi teratas atau ranking tertinggi dengan keyword tertentu. Bisa dibilang, backlink bekerja dengan mengevaluasi relevansi suatu domain atas konten yang disajikan dalam website, seperti informasi, layanan, topik tertentu hingga produk yang ditawarkan di dalam website.

Jika backlink di website memiliki relevansi yang baik, tentu akan mudah bagi pengelola website untuk bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak dan revenue lebih banyak (jika untuk keperluan bisnis). Yang terpenting dan tidak boleh terlewatkan, jika backlink yang kamu sematkan di website lain dan sinyalnya diterima oleh website-mu, maka website-mu secara otomatis akan mendapatkan kredibilitas lebih di mesin pencarian dan website-mu akan mendapatkan ranking yang tinggi di mesin pencarian.

Jika backlink yang ditanam di website berhasil, maka website-mu akan mendapatkan organic traffic yang tinggi, ranking yang tinggi hingga nilai page authority (PA) dan domain authority (DA) yang juga naik signifikan dan stabil. Tapi perlu dicatat lagi bahwa yang terpenting dari pemasangan backlink adalah kualitas dan relevansinya, bukan sekadar kuantitas banyaknya saja. 

Semakin baik kualitas backlink yang dinilai oleh mesin pencarian, semakin mudah pula bagi website-mu untuk muncul dan ditemukan oleh pengguna baru, sehingga traffic pengunjung website akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Akibatnya, user lain atau peselancar website dapat mereferensikan website-mu di website mereka hingga membagikan link website-mu di akun media sosial untuk diarahkan ke kontenmu langsung. Makin banyak traffic dari luar, tentu semakin cepat pula ranking website di mesin pencari untuk naik, bukan?

Berikut manfaat backlink yang penting untuk meningkatkan SEO website-mu:

1. Mempercepat Proses Pengindeksan

Mesin pencari akan melakukan crawling pada website secara berkala dengan menelusuri setiap link yang ada di setiap website dan mengindeksnya setelah proses crawling selesai. Jika backlink di dalam website-mu punya kualitas yang baik, maka akan lebih mudah pula bagi mesin pencari untuk mengindeks website-mu.

2. Mampu Meningkatkan Referral Traffic

Tidak hanya akan mendapatkan traffic dari halaman pencarian saja, backlink dalam website-mu juga dapat meningkatkan organic traffic secara masif.

3. Meningkatkan Domain Authority (DA)

Semakin tinggi suatu Domain Authority (DA), maka akan semakin baik pula kualitas website-mu. DA suatu website sendiri digunakan sebagai matriks untuk mengukur keseluruhan website-mu.

4. Meningkatkan Page Authority (PA)

Berbeda dengan Domain Authority (DA), Page Authority (PA) dapat mengukur kekuatan URL pada halaman website. Backlink yang berkualitas juga dapat meningkatkan nilai PA. Skor PA dinilai mulai dari 1-100 yang artinya, makin besar nilainya maka semakin baik pula kualitas website-mu.

5. Membangun Reputasi Website Agar Populer

Sudah bukan rahasia bahwa website yang memiliki banyak backlink akan lebih dianggap populer hingga dimunculkan di posisi teratas di mesin pencari. Cara ini bekerja saat kamu mengetikkan keyword tertentu di address bar dan mesin pencari hanya memunculkan konten relevan dari website yang kredibel pula.

Jenis-jenis Backlink

Link No-Follow

Jenis backlink ini bekerja dengan cara mencegah link yang kurang relevan atau kurang kredibel dari website yang lain di internet yang berpotensi untuk menurunkan otoritas di mesin pencarian. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan tag “nofollow” agar website lain dengan kredibilitas yang kurang tidak mempengaruhi kredibilitas dan posisi website-mu.

Dengan penggunaan tag “nofollow” pada backlink, bot search engine tidak akan meng-crawl link tersebut. Sehingga, biasanya link “nofollow” ini tidak akan memengaruhi ranking website yang ada pada backlink tersebut.

Link Do-Follow

Berbeda dengan “nofollow”, link do-follow justru bekerja dengan saling menautkan satu domain dengan domain yang lainnya. Backlink jenis ini biasanya dapat digunakan oleh mesin pencari untuk menganalisis otoritas dan relevansi sebuah website ke halaman yang dituju atau dirujuk. Semakin banyak link do-follow yang diterima oleh suatu website, maka akan semakin tinggi pula otoritas suatu website.

Cara menggunakannya cukup mudah, link yang ingin kamu naikkan relevansi dan otoritasnya bisa kamu letakkan di website yang memiliki tag “follow” pada skrip halamannya. Biasanya, link do-follow ini digunakan untuk bertukar link satu sama lain pemilik website untuk memperkuat otoritas dan relevansinya.

Link Root Domain

Link jenis ini bekerja dengan menganalisis link yang diterima oleh sebuah website dan hanya menghitung link yang masuk dari domain yang sama sebagai 1 backlink saja. Link root domain ini hanya mampu memberikan satu backlink ke suatu website tertentu selama berasal dari satu domain yang sama. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kredibilitas di mesin pencari, kamu perlu banyak backlink dari website lain yang telah terdaftar sebagai domain dengan reputasi atau domain authority yang tinggi di mesin pencari.

Juice Link

Link ini bekerja dengan mengarahkan pengunjung website-mu ke website orang lain dengan tujuan untuk meningkatkan traffic website. Tingginya traffic suatu website akan mempengaruhi posisi ranking di website dan domain authority sebuah website karena mesin pencari akan menganggap bahwa website-mu memiliki konten yang menarik, sehingga dapat menggaet banyak pengunjung. 

Semakin tinggi traffic suatu website, maka akan semakin mudah pula mendapatkan posisi bagus di mesin pencari, bukan? Jika hal ini berhasil, maka website akan lebih mudah untuk mencapai posisi teratas mesin pencari dan otoritas domain juga meningkat.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?

Website tanpa backlink tentu akan sulit untuk bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Selain itu, website juga akan sulit untuk mendapatkan organic traffic, exposure dan kredibilitas dari mesin pencari. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan backlink:

Buat Konten dengan Topik yang Unik dan Menarik

Rajin-rajinlah berselancar di berbagai kanal media sosial dan website untuk menemukan inspirasi dan ide topik tulisan yang bisa kamu gunakan untuk konten di websitemu. Kamu bisa menuliskan ide atau topik menarik dengan lengkap, namun tetap padat dan mudah dimengerti.

Tulis ide yang relevan dengan pembaca untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tidak sungkan untuk mereferensikan konten website-mu ke pembaca lain. Selain menaikkan organic traffic, hal ini tentu bisa meningkatkan posisi website-mu di mesin pencari

Rajin Blog Walking ke Website Lain

Jangan malas untuk melakukan blogwalking atau berjalan-jalan ke website orang lain dan meninggalkan komentar di sana. Meski sepertinya sepele, aktivitas blog walking-mu dapat terbaca oleh mesin pencari dan bisa jadi pemantik bagi pembaca lain untuk mengunjungi website-mu, loh. Cara ini juga dapat membuat website-mu menjadi dikenal pembaca lain, hingga bisa mendapatkan nilai otoritas yang tinggi dari mesin pencari.

Pasang Iklan di Blog Lain

Kamu juga bisa mencoba untuk memasang iklan di website atau blog orang lain untuk bisa mendapatkan backlink. Sayangnya, cara ini akan terlihat sebagai komersial post dan berbayar. Namun, jika kamu tertarik untuk mencoba dan ada budget boleh juga, loh.

Aktif di Media Sosial

Tidak diragukan lagi bahwa media sosial adalah media yang masif dan paling oke untuk dijadikan tools bagi kamu yang sedang membangun personal branding maupun bisnismu. Jika kamu ingin mendapatkan backlink, kamu juga bisa memulainya dengan membagikan link website-mu ke media sosial dan biarkan follower-mu menanggapinya lewat kolom komentar atau fitur lain yang tersedia hingga mereka bisa mengunjungi website-mu.

Selain beberapa cara tersebut, terdapat cara lain yang bisa kamu lakukan seperti melakukan guest blogging, outreach, dan lain-lain.

Baca Juga: SEO vs SEM: Apa Perbedaannya?

Tools-Tools untuk Cek Backlink

Ahrefs

Website ahrefs memungkinkan kamu untuk mengecek berbagai informasi penting terkait link building, seperti profil link website, inbound link, outbound link, hingga organic traffic yang didapatkan oleh website-mu. Cara pakainya cukup mudah. Kamu cukup masukkan url website-mu ke dalam kolom pencarian, dan tunggu hasil metrik dari Ahrefs yang didapatkan dari website-mu.

Ketik site: inurl “url/domain”

Cara mudah untuk cek backlink kompetitor yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetikkan langsung footprint di mesin pencari, seperti Google. Ketik site: inurl “url/domain” di kolom pencarian dan voila!

Google Alerts

Untuk keperluan bisnis, kamu bisa menggunakan tools Google Alert yang dapat mendeteksi berbagai macam, seperti konten, kata per kata hingga istilah yang dicari oleh pengguna di internet. Kemudian, tools ini akan bekerja dengan mengirimkan pesan notifikasi (alert) jika Google Alerts menemukan ada topik yang relevan dengan bisnis yang sedang kamu kelola.

SEMrush

Tools ini dapat digunakan untuk mengecek backlink situs website dengan berbagai fiturnya. Kamu akan disajikan banyak informasi, antara lain berapa banyak outbound link dan inbound link yang terhubung dengan websitemu. Selain itu, tool ini juga dapat menganalisis backlink pada domain, sub-domain hingga URL, menganalisis backlink yang relevan dan berkualitas, menemukan halaman yang memiliki banyak backlink pada websitemu, dll.

Itu dia pengertian backlink, manfaatnya beserta jenis-jenisnya hingga pengaruhnya terhadap website yang bisa kamu pelajari jika ingin mendalami bidang optimasi website atau SEO Optimization. Dari sekian banyaknya informasi tentang backlink, teknik SEO off-page ini memang terbilang rumit dan panjang. Namun, hasil yang didapatkan juga sepadan dengan detail penerapan backlink yang coba kamu lakukan demi bisa mendapatkan otoritas dan ranking dari mesin pencari.Tak perlu khawatir jika pembahasan tentang backlink untuk SEO Optimization ini cukup membuatmu bingung dan kewalahan. MAI siap membantu kamu dalam mengembangkan website bisnis-mu dengan melakukan strategi SEO secara on-page dan off-page. Segera hubungi kami untuk membantu bisnis-mu!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities