Stay Connected
Find Us on Social Media, and Get in
Touch with MAI

Find Us

PT. Mahakarya Adi Indonesia
Plaza Galeon, 8th FloorJl. M.H. Thamrin Kav. 8 - 9, Jakarta Pusat 10230 - Indonesia
Show on Google Maps

Contact

+6221 3000 7881
info@mai.co.id
maketing@mai.co.id

Apa itu Growth Mindset? – Kunci dalam kesuksesan, baik sukses dalam karir maupun kehidupan, rupanya tidak hanya dipengaruhi oleh bakat atau pun skill (kemampuan), tetapi juga dipengaruhi oleh pola pikir. Kekuatan pola pikir (mindset) dalam berbagai aspek kehidupan ini cukup berperan penting karena dapat mengubah aspek psikologi dalam setiap sikap yang dimiliki.

Belakangan sedang marak mengenai Growth Mindset yang perlu dimiliki agar dapat sukses dalam meningkatkan karir. Apa itu Growth Mindset? Jika diartikan secara harfiah maka Growth Mindset adalah pola pikir yang berkembang. Tapi apa itu Growth Mindset secara mendalam? Apa manfaat Growth Mindset dan perbedaannya dengan Fixed Mindset? Apa saja yang perlu dilakukan agar memiliki Growth Mindset? Simak pembahasan lebih detail berikut ini.

Baca Juga: Prinsip Zen Life Menghadapi Stress Bekerja

Pengertian Growth Mindset

Dilansir dari buku yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success karya Carol Dweck, menurutnya ada dua istilah dalam pola pikir (mindset) yakni Growth Mindset dan Fixed Mindset. Growth mindset sendiri adalah pola pikir seseorang yang mempercayai dan memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya itu sebuah permulaan, yang mana artinya bakat tersebut tidak menjadi sebuah patokan kesuksesan, melainkan selalu dapat dikembangkan.

Sehingga orang yang memiliki Growth Mindset biasanya mendorong mereka untuk terus belajar dan memahami dunia. Biasanya mereka juga cenderung menghargai proses dan tidak takut akan kegagalan bahkan menganggap kegagalan sebagai batu loncatan ke langkah berikutnya. Maka dari itu orang yang memiliki Growth Mindset cenderung lebih dekat pada kesuksesan ketimbang orang yang memiliki Fixed Mindset.

Growth Mindset vs Fixed Mindset

Secara harfiah Fixed Mindset dapat diartikan sebagai Mindset yang tetap. Fixed Mindset adalah pola pikir seseorang yang mempercayai dan memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya itu bersifat menetap atau given (keahlian yang diberikan/diberkahi). Sehingga mereka dengan Fixed Mindset biasanya lebih mempercayai bahwa bakat atau kemampuan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetis atau bawaan.

Biasanya orang dengan Fixed Mindset cenderung mempercayai bahwa bakat yang dimilikinya dapat menciptakan kesuksesan tanpa melakukan usaha lebih atau bahkan tidak perlu dikembangkan lagi. Mereka sulit untuk mencoba hal baru dalam pengembangan kemampuan.

Growth MindsetFixed Mindset
Kemampuan itu sifatnya berkembangKemampuan itu sifatnya menetap
Kegagalan adalah batu loncatanKegagalan adalah batasan
Mempelajari feedback yang diterimaMengabaikan feedback yang diterima
Menerima tantanganMenolak tantangan
Senang belajar hal yang tidak diketahuiTidak suka belajar hal yang tidak diketahui

Manfaat Growth Mindset

Setelah mengetahui apa itu Growth Mindset dan apa perbedaannya dengan Fixed Mindset, kamu dapat mengetahui betapa bermanfaatnya memiliki Growth Mindset dalam mencapai kesuksesan karir. Untuk mengetahui manfaatnya lebih dalam, berikut penjabaran 3 manfaat Growth Mindset:

1. Membangun Kepercayaan Diri

Dengan memiliki Growth Mindset, kamu akan menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki kelemahannya masing-masing termasuk kelemahan yang ada dalam diri. Maka dari itu biasanya orang yang memiliki Growth Mindset terhindar dari rasa insecurity terhadap kemampuan yang dimiliki oleh orang lain. Mereka akan lebih fokus pada usaha memperbaiki kelemahannya dan meyakini kemampuan yang dapat dibanggakan.

2. Mampu menerima feedback

Seperti yang telah dijabarkan pada tabel Growth Mindset vs Fixed Mindset, biasanya orang yang memiliki Growth Mindset lebih mampu menerima feedback bahkan mempelajarinya. Feedback di sini tidak hanya saran atau masukan, melainkan juga sebuah kritik. Dengan memiliki Growth Mindset, kamu akan melihat feedback sebagai bentuk reaksi yang dapat kamu pelajari dalam mengembangkan kemampuan. Artinya setiap hasil kerjamu diperhatikan dan selalu ada kesempatan untuk berkembang.

3. Membentuk Mentalitas Pantang Menyerah

Jika melihat kembali tabel Growth Mindset vs Fixed Mindset, disebutkan bahwa orang dengan Growth Mindset cenderung senang mempelajari hal yang tidak mereka ketahui, menerima tantangan, dan menganggap kegagalan sebagai batu loncatan. Hal-hal inilah yang tanpa disadari membentuk mentalitas pantang menyerah pada orang yang memiliki Growth Mindset.

Orang dengan Growth Mindset lebih berfokus pada cara berpikir untuk meningkatkan kualitas diri dan keinginan untuk terus tumbuhnya. Selain pantang menyerah, biasanya orang dengan Growth Mindset juga mampu memotivasi dirinya dan memiliki semangat kerja yang tinggi, tentu hal ini baik untuk mencapai kesuksesan karir.

Cara Melatih Growth Mindset

1. Jadilah Realistis

Memang sulit untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain, rasanya memang sudah menjadi sifat alami manusia. Akan tetapi jangan sampai hal ini menjadikan orang lain sebagai standar yang perlu kamu capai terutama saat standar itu tidak realistis. Umumnya standar ini cenderung membuatmu menyalahkan diri sendiri dan merasa rendah diri hingga frustasi. Hargai setiap perjuanganmu, terima segala kekurangan, dan fokus pada meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki.

Selalu ingat bahwa untuk mencapai sesuatu itu memiliki waktu. Setiap orang memiliki rentang waktu dan kesalahan yang berbeda dalam mencapai itu. Jadi selalu realistis untuk memberikan ukuran itu untuk dirimu yah!

2. Hadapi Tantangan

Tantangan merupakan proses yang dapat menguji sejauh mana kemampuanmu, khususnya dalam dunia kerja. Maka untuk melatih Growth Mindset, kamu perlu berani menghadapi tantangan yang diberikan. Memang tidak mudah dan jika kamu mulai merasa takut, kamu dapat berusaha positif dan menanamkan bahwa kamu dapat mempelajari banyak hal dari tantangan ini, apa pun hasilnya.

3. Menghargai Proses

Tidak ada sesuatu yang instan, termasuk dalam kesuksesan karir. Dalam dunia karir, tidak sedikit yang mencari jalan pintas atau cara tercepat untuk meraih kesuksesan. Padahal dalam mencapai sesuatu itu memerlukan waktu dan proses yang panjang. Maka dari itu apa pun itu hasil dari pekerjaanmu, kamu harus menghargai proses yang dijalani dan menjadikannya sebagai pembelajaran untuk terus tumbuh.

Baca Juga: 8 Tips Membuat To Do List yang Efektif

Kesimpulan

Itu tadi pembahasan mengenai apa itu Growth Mindset, manfaat dan perbedaannya dengan Fixed Mindset, serta bagaimana cara melatih Growth Mindset. Hal yang perlu ditekankan dari sini adalah Growth Mindset bukanlah sesuatu yang terus menerus dimiliki seseorang. Sejatinya setiap manusia memiliki kombinasi dari dua pola pikir alias perpaduan dari Growth Mindset dan Fixed Mindset. Akan tetapi jika kamu ingin berkembang, usahakan Growth Mindset porsinya lebih besar pada dirimu.

Jika kamu ingin meningkatkan perkembangan bisnismu utamanya dalam bidang digital, kamu dapat berkonsultasi dengan agensi digital yang telah berpengalaman menjalankan digital marketing seperti  MicroAd Indonesia. Kami siap membantu kamu dalam mencapai tujuan marketing dengan memberikan layanan jasa digital marketing terbaik! So, jangan hubungi kami kalau kamu menginginkan hasil marketing yang biasa saja ya!

Share this post
Let's Grab a Coffee Together: Get in Touch with Us!

Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities