Mungkin masih sedikit yang tahu, bahwa strategi TikTok SEO ini bisa membantu konten Anda reach audiens lebih banyak dan bahkan bisa membuat konten Anda viral.
Tidak hanya berisi konten hiburan berbentuk video dan foto, saat ini TikTok juga sudah menjadi platform pencarian informasi yang cukup lengkap. Dapat dikatakan juga bahwa 74% Gen Z menggunakan TikTok sebagai search engine atau mesin pencarian.
SEO untuk TikTok melibatkan pengoptimalan konten video untuk meningkatkan visibilitas di halaman For Your Page (FYP) dan kolom pencarian TikTok. Dengan memanfaatkan algoritma TikTok, yang menganalisis elemen-elemen seperti tagar, caption, dan keterlibatan pengguna, kreator dapat meningkatkan peluang mereka untuk ditemukan oleh pemirsa potensial. Tidak seperti SEO tradisional, pendekatan TikTok disesuaikan dengan format video-sentrisnya yang unik dan pola perilaku pengguna.
Tidak hanya di platform TikTok saja, juga ketika audiens mencari di mesin pencarian seperti Google, beberapa kata kunci mungkin akan menampilkan konten video dari TikTok.
Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok menawarkan peluang besar bagi brand untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka. Mengoptimalkan konten untuk SEO TikTok sangat penting karena membantu video muncul di For You Page (FYP) pengguna dan mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian, yang berpotensi meningkatkan brand awareness, engagement, dan conversion.
Evolusi platform media sosial TikTok menjadi mesin pencari, terutama di kalangan pengguna yang lebih muda, telah menjadikannya saluran penting bagi bisnis untuk terhubung dan berinteraksi dengan target audiens mereka secara efektif.
Beberapa faktor utama memengaruhi SEO TikTok. Algoritma TikTok yang didukung AI membaca konten untuk mengidentifikasi kata kunci dalam video, audio, dan konteks, sehingga meningkatkan peringkat video. Untuk memaksimalkan visibilitas, kreator harus mengetahui beberapa ranking factor berikut:
Engagement menjadi poin sangat penting bagi algoritma TikTok. Algoritma AI TikTok melacak bagaimana user berinteraksi dalam bentuk like, video favorit, share, hidden, hingga video yang ditonton sampai akhir. TikTok menggunakan data-data ini sebagai sinyal untuk jenis video apa yang akan ditampilkan di halaman FYP pengguna.
Semua informasi yang ada pada konten video akan memengaruhi ranking di TikTok, terutama keyword. Menyisipkan keyword di caption dan hashtag trending akan sangat berpengaruh dan bisa menjadi strategi utama konten Anda.
Penggunaan audio atau musik juga menambah relevansi konten video pada trend yang sedang naik.
TikTok menggunakan data seperti preferensi bahasa, lokasi (menampilkan lebih banyak konten dari negara asal), tipe perangkat, dan kategori interest yang user pilih pada saat awal membuat akun untuk menampilkan jenis konten apa yang cocok ditampilkan di FYP user.
Walaupun hal ini tidak menjadi faktor yang sangat menentukan dibandingkan user interaction dan video information, namun tetap menjadi penting untuk diketahui.
Hal unik dan mungkin menjadi kesempatan besar bagi sebuah brand, tidak seperti media sosial lain, TikTok tidak menjadikan jumlah followers sebagai ranking factor. Hal ini akhirnya menunjukan bahwa isi dan kualitas dari konten video sangat berpengaruh. Dengan mengundang interaksi pengguna, konten video Anda punya kesempatan yang lebih besar untuk tampil di FYP.
MAI akan dengan senang hati membantu Anda menerapkan strategi yang komprehensif!
Let’s Talk!Setelah mengetahui pentingnya strategi TikTok SEO dan faktor apa saja yang memengaruhi ranking konten di TikTok, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara implementasi strategi ini pada konten TikTok Anda.
Mulai dari bagaimana mengenali audiens, keyword research, hingga kolaborasi, mari kita bahas bagaimana hal-hal itu bisa meningkatkan performa konten TikTok:
Buat jenis konten yang kira-kira menarik target audiens sehingga mereka saling berinteraksi dan membagikan konten. Mengetahui target audiens menjadi hal yang sangat penting, karena akan memengaruhi tujuan dan isi konten yang akan dibuat. Jika tidak, tentu saja konten Anda akan gagal memenuhi target bisnis yang ada.
Apa yang mendorong interaksi mereka? Jenis konten apa yang paling sesuai dengan mereka? Lihat konten apa yang mereka lihat dan hashtag apa yang biasa digunakan. Analisa juga komentar mereka dan bagaimana mereka berinteraksi. Lihat juga siapa saja yang mereka follow dan interest mereka seperti apa.
Kenapa hal ini penting untuk SEO? Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kita dapat menentukan judul, caption, dan jenis konten yang mungkin akan mereka cari dan inginkan. Hal ini merupakan pintu awal konten Anda dapat ditemukan oleh audiens yang lebih luas.
Hampir mirip dengan SEO pada umumnya, keyword research pada TikTok SEO juga sangat penting dilakukan untuk menemukan topik apa yang banyak dicari oleh audiens. Hanya saja mungkin menggunakan tools keyword research yang sedikit berbeda.
Kita bisa menggunakan tools keyword research seperti Ubersuggest, SEMrush, Ahrefs dan lain sebagainya. Cari long-tail keyword atau kombinasi frasa yang berhubungan dengan topik yang ingin Anda bahas.
Perlu diperhatikan juga bahwa tools-tools ini mengambil data langsung dari Google dan bukan dari TikTok, jadi kita juga harus menyesuaikan kira-kira pembahasan mana yang bisa kita manfaatkan untuk konten di TikTok.
Selanjutnya untuk lebih yakin tentang keyword yang akan kita gunakan, kita bisa menggunakan aplikasi TikTok secara langsung. Buka search bar, dan masukkan keyword apa pun yang telah Anda ambil dari keyword research sebelumnya.
TikTok akan secara otomatis memberikan pilihan dengan keyword paling populer yang terkait dengan pencarian Anda. Lihat apa yang ditampilkan, dan pilih keyword yang akan Anda buat kontennya.
Bonus tips: Anda juga bisa melakukan pencarian dengan cara menambah huruf alphabet di belakang keyword topik untuk mencari lebih banyak ide keyword untuk konten. (Contoh: Sneakers a; Sneakers b; Sneakers c)
Setelah melakukan keyword research, dimana kita harus memanfaatkan keyword itu? Jawabannya adalah hampir di seluruh aspek konten, diantaranya:
Kembali pada pembahasan algoritma AI pada TikTok, mereka juga membaca konteks utuh dari sebuah video, jadi gunakan keyword ini sesuai kebutuhan konteks dan tidak terkesan memaksa.
Sebagai tambahan, kita juga bisa menyisipkan keyword utama kita yang relevan pada bio profil akun TikTok. Hal ini bisa membantu meningkatkan visibilitas akun kita ketika ada yang mencari topik tersebut.
Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan jenis konten yang relevan. Penggunaan hashtag yang optimal adalah berdasarkan kualitasnya, bukan sekedar menambah jumlah hashtag yang digunakan.
Untuk mengoptimalkan penggunaan hashtag, gabungkan tag yang luas dan tag yang lebih spesifik. Hashtag yang luas meningkatkan reach Anda, sementara tag spesifik menghubungkan konten dengan audiens tertentu dan mengurangi persaingan.
Sebagai contoh, hashtag yang luas adalah #sneakers dan hashtag yang spesifik adalah #sneakersputihpria.
Blogging sudah menjadi bagian penting untuk SEO “tradisional” dalam mendapatkan ranking di Google. Bagaimana kalau kita gabungkan keduanya? Ya, ada kemungkinan hasilnya akan dua kali lipat.
Buat microblog yang membahas topik yang relevan dengan isi pada video TikTok yang telah kita buat. Kemudian lakukan embed pada video TikTok pada halaman microblog tersebut untuk memberikan konteks yang lebih dalam. Tentunya strategi SEO seperti penempatan keyword utama dan long-tail pada microblog juga harus diterapkan.
Strategi ini sesuai dengan preferensi Google untuk konten yang segar dan relevan, dan juga membantu untuk meningkatkan SEO TikTok Anda. Dengan adanya mikroblog ini, konten kita bisa menjangkau jenis audiens yang berbeda dan lebih luas dari pengguna TikTok biasanya. Hal ini bisa menciptakan peluang untuk lebih banyak views dan engagement.
Semakin interaktif akun Anda, semakin banyak audiens yang akan engage. Tidak hanya sekedar membalas komentar dari audiens yang ada, tapi hal ini juga bisa menciptakan kesempatan bahan diskusi di dalam kolom komentar sehingga juga meningkatkan engagement dari sebuah konten. Tentunya TikTok akan membaca ini sebagai suatu sinyal positif dari sebuah konten dan meningkatkan visibilitasnya.
Sound atau lagu yang tepat bisa secara signifikan meningkatkan reach dan engagement video Anda. Kita bisa melihat lagu yang sedang trending di TikTok dan coba untuk kombinasikan dengan konten yang akan dibuat.
Penggunaan sound yang sedang trending akan meningkatkan kesempatan konten Anda untuk masuk ke dalam FYP seseorang. Terlebih lagi terdapat fitur pencarian berdasarkan sound yang kita gunakan di dalam video untuk meningkatkan visibilitas konten kita.
Pembuatan konten yang baik untuk mencapai sebuah tujuan bisnis, berawal dari perencanaan yang matang. Dengan mengetahui adanya strategi TikTok SEO ini kita bisa mulai mencari konten seperti apa yang diinginkan oleh target audiens kita. Dengan perencanaan yang baik dan target yang tepat, hasil maksimal lebih bisa diharapkan. Siap mengoptimalkan konten anda dengan TikTok SEO? MAI akan dengan senang hati membantu Anda menerapkan strategi yang komprehensif! Let’s discuss!
Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities