Bagi kamu yang pernah mengunjungi laman website, lalu mendapat pesan dari kotak box secara instan pada laman web berisikan sapaan, pernahkah kamu merasa bingung dengan fitur tersebut?
Untuk kamu yang belum mengetahui, fitur ini dinamakan Chatbots.
Ingin tahu lebih lanjut? Simak lengkapnya di artikel berikut ini.
Lantas, Apa Itu Chatbots?
Chatbots merupakan singkatan dari ‘Chatter Bots’ yang merupakan teknologi terkini dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), salah satu fitur yang memungkinkan untuk sebuah website atau aplikasi dapat berinteraksi dengan pengguna.
Interaksi yang ada bersifat otomatis melalui kotak pesan yang tersedia.
Secara umum, chatbots merupakan teknologi yang dikembangkan oleh komputer, untuk membuat simulasi percakapan virtual layaknya manusia yang sedang berinteraksi.
Tidak hanya itu, chatbots juga dapat dimanfaatkan sebagai asisten secara online, yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan dan permintaan pengguna dengan memberikan respons jawaban secara otomatis.
Pada chatbots, memungkinkan untuk membalas pesan melalui perintah teks, gambar dan suara.
Cara Kerja Chatbots
Pada chatbots secara umumnya, bekerja dengan 3 konsep yakni sebagai berikut:
Contextual
Dalam konsep cara kerja contextual membuat percakapan antar pengguna dan chatbots terlihat secara alami.
Hal ini dikarenakan menggunakan metode contextual yang menggunakan sistem kecerdasan buatan machine learning (ML)
Decision Tree-Based
Pada sistem decision tree-based, chatbots yang ada telah terdapat sistem yang diprogramkan, sehingga pengguna secara otomatis hanya dapat memilih jenis pertanyaan yang disediakan oleh sistem chatbots.
Ketika menekan tombol pada kotak pertanyaan, pengguna langsung diarahkan untuk memilih opsi pertanyaan yang tersedia.
Pattern Matching
Melalui metode ini, pesan otomatis yang terjawab oleh mesin bot kepada pengguna menggunakan spesifikasi pengelompokan teks.
Sistem akan membuat kategori jawaban yang cocok sesuai dengan pertanyaan yang dituliskan oleh pengguna.
Manfaat Chatbots
Tentunya chatbots memiliki manfaat sendiri, yakni di antaranya sebagai berikut:
Optimalkan Kepuasan Pelanggan
Dengan chatbots, permasalahan pengguna, keluhan serta pertanyaan dapat dijawab secara singkat dan otomatis.
Sehingga pengguna tidak kebingungan lagi untuk menjawab solusi permasalahannya.
Efisiensi Waktu
Penggunaan chatbots akan memangkas waktu dan pekerjaan dari Customer Service, sehingga dapat menjawab permasalahan lainnya yang lebih kompleks.
Hal ini dikarenakan jawaban atas pertanyaan umum sudah dapat terjawab secara otomatis melalui sistem jawaban yang tersedia.
Hemat Biaya dan Ekonomis
Pada chatbots, layanan tanya jawab dan menerima keluhan pelanggan dapat dilayani sepanjang waktu 24 jam.
Sehingga tidak perlu lagi membayar waktu berlebih pada Customer Service atau pun uang lembur di tengah padatnya jadwal untuk menanggapi pertanyaan pengguna.
Nah ternyata banyak sekali kemudahan dan akses yang didapatkan dengan penggunaan Chatbots.
Jadi bagaimana apakah kamu sudah mencoba menggunakan Chatbots?
Contact us now to discuss your goals, explore our tailored solutions, and embark on a journey that transforms possibilities into realities